Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Aritificial Intteligence dalam Pembuatan Video Pembelajaran pada Tenaga Pengajar
Eko Harli(1*), Ahmad Fauzi(2), Tria Hadi Kusmanto(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Di era digital ini, guru dituntut untuk beradaptasi dengan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, salah satunya melalui video pembelajaran. Sulitnya membuat video pembelajaran menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga pengajar. Salah satu aplikasi yang memudahkan dalam membuat video pembelajaran adalah Canva. Aplikasi Canva memiliki banyak sekali fitur yang memudahkan dalam membuat video pembelajaran, ditambah dengan pemanfaatan Artificial Intelligence di dalamnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi guru SDN Duren Sawit 10 Pagi dalam pembuatan video pembelajaran melalui pelatihan Canva dan pemanfaatan teknologi AI. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan secara langsung dalam bentuk presentasi, diskusi dan praktek. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan kemampuan menggunakan Canva dalam pembuatan video pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Andryani, R., Firdaus, I., & Ilham Maliki, B. (2024). Efektivitas Pelatihan dan Pengembangan Guru dalam Mencapai Tujuan Pendidikan yang Unggul. Journal on Education, 06(03).
Ardhianti, F. (2022). Efektifitas penggunaan video sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar. 1(1), 5–8.
Farwati, M., Talitha Salsabila, I., Raihanun Navira, K., Sutabri, T., & Bina Darma Palembang, U. (n.d.). Analisa Pengaruh Teknologi Aritificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari (Vol. 11).
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Lesmanawati, A., Nuryanto, U. W., & Handayani, Y. S. (2024). Pengaruh pengetahuan guru dan kualitas guru terhadap kualitas sekolah dengan kinerja guru sebagai variabel intervening. Borobudur Educational Review, 4(2), 65–80. https://doi.org/10.31603/bedr.12234
Mayer, R., & Fiorella, L. (2022). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (3rd ed.). https://doi.org/10.1017/9781108894333
Nuryadin, M. A., Fairuz, F., & Sembodo, J. J. (2024). Metode pembelajaran khusus untuk generasi alpha, generasi z dan generasi beta. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(4), 46–50.
Octasyavira, M., & Nurlizawati, N. (2022). Kesulitan Guru dalam Merancang Media Inovatif Digital untuk Pembelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(4), 437–445. https://doi.org/10.24036/nara.v1i4.87
Rideout, V., & Robb, M. B. (2020). The Common Sense census: Media use by kids age zero to eight, 2020.
Urba, M., Ramadhani, A., Afriani, A. P., & Suryanda, A. (2024). Generasi Z: Apa Gaya Belajar yang Ideal di Era Serba Digital? DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265
Zawacki-Richter, O., Marín, V. I., Bond, M., & Gouverneur, F. (2019). Systematic review of research on artificial intelligence applications in higher education – where are the educators? International Journal of Educational Technology in Higher Education, 16(1), 39. https://doi.org/10.1186/s41239-019-0171-0
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4296
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kapas indexed by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis