Edukasi Bisnis Startup Bagi Gen-Z Di Warkop Sehat Kota Pasuruan



M. Asif Nur Fauzi(1*), Ali Machrus(2), Nuruddin Nuruddin(3),

(1) STEBI Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
(2) STEBI Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
(3) STEBI Syaikhona Kholil Sidogiri Pasuruan
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan bisnis startup   kepada generasi Z (Gen-Z) di lingkungan Warkop Sehat Kota Pasuruan sebagai upaya meningkatkan literasi kewirausahaan digital dan kesiapan generasi muda dalam membangun usaha rintisan yang inovatif dan berkelanjutan. Gen-Z merupakan kelompok usia produktif yang memiliki potensi besar dalam dunia wirausaha, namun masih menghadapi kendala dalam hal pengetahuan praktis, model bisnis, serta pemanfaatan teknologi digital secara strategis. Melalui metode pelatihan partisipatif, mentoring, dan simulasi penyusunan Business Model Canvas (BMC), kegiatan ini memberikan pemahaman tentang konsep dasar startup  , pentingnya inovasi, strategi pemasaran digital, serta pengelolaan keuangan usaha. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap prinsip dasar kewirausahaan dan kemampuan awal dalam merancang ide bisnis berbasis masalah lokal. Kegiatan ini juga berhasil membentuk forum diskusi wirausaha muda di Warkop Sehat sebagai embrio komunitas startup   Gen-Z di Kota Pasuruan. Ke depan, keberlanjutan kegiatan ini diharapkan mampu mendorong terbentuknya ekosistem startup   lokal yang kuat dan inklusif di kalangan generasi muda.


Full Text:

PDF

References


Ameliah, R., Aziz, U. A., Ghofari, G., Putri, B. P., Agustin, R., Alfanisa, E. W., & Praditya, M. D. (2018). Strategi Kewirausahaan Digital Sebuah Panduan Untuk UMKM, Startup dan E-Commerce. In Seri Literasi Digital.

Atmaja, S. (2023). Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi (Mentoring Model for Food Sector of SMEs through Business Incubator of University). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(01). https://doi.org/10.47080/jmb.v5i01.2490

Atmoko, A. D. (2021). Analisis Kinerja Inkubator Bisnis dalam Pendampingan Usaha Tenant. Jurnal Ekonomi Dan Teknik Informatika, 9(1).

Austin, T., Prihatini, L., Lisdiana, L., Marleni, M., & Pratiwi, D. P. (2024). Pelatihan startup e-commerce dalam menjaga sustainibility sosial dan ekonomi di kelurahan mariana. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.46576/rjpkm.v5i1.3635

Laturette, K., Evi Marlina, M. A., & Ismawati, A. F. (2020). Pendampingan, pengembangan bisnis, dan perpajakan bagi pengusaha di kotabaru driyorejo gresik. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01). https://doi.org/10.30996/jpm17.v5i01.3258

Pratama, A. H. (2018). Tantangan dan Peluang Startup Kesehatan Indonesia di 2018. Techinasia.

Pratiwi, R., & Kurniawan, B. (2021). Implementasi program cak e-mus (cangkrukan entrepreneur muda surabaya) dalam mengembangkan dunia bisnis yang memberdayakan anak muda surabaya. Publika, 9(3). https://doi.org/10.26740/publika.v9n3.p294-306

Rahmani, A. I. (2023). Contextual design: pendekatan kearifan lokal dalam konsep perancangan digital start-up valley piyungan, yogyakarta. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 11(2). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i2.380

Samiono, B. E., & Nurlatifah, H. (2019). Program kelompok mentoring bisnis komunitas tangan di atas wilayah jakarta selatan 5.0. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.36722/jpm.v1i1.334

Silalahi, M. A. R. (2021). Edukasi Startup Finance Technology Di Indonesia Mengacu Pada POJK No. 77/POJK.01/2016. In Jurnal Ekonomi & Bisnis (Vol. 1, Issue 1).

Subardjo, A., & Rahmawati, M. I. (2022). Inovasi Model Bisnis Inkubasi dan Kolaborasi dalam Meningkatkan Kinerja UMKM Surabaya di Era 4.0. Jurnal Penelitian Inovatif, 2(1). https://doi.org/10.54082/jupin.36

Wibowo, L. A., Lisnawati, L., & Sulastri, S. (2021). Akselerasi digital startup mahasiswa universitas pendidikan indonesia berbasis executive coaching modeL. JIPkM, 1(2).

Wiryany, D., Suminar, J. R., & Hafiar, H. (2018). KEGIATAN PT. KELASKITA EDUKASI DALAM MELAKUKAN KOMUNIKASI PEMASARAN. Widya Komunika, 8(1). https://doi.org/10.20884/wk.v8i1.1393

Yulisman, Y., Akhmad Zulkifli, Uci Rahmalisa, Sephia Anita Sahrina, & Muhammad Nurfi Syahlan. (2023). Sosialisasi “startup ideation” pada mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Abdurrab. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i4.6486

Yurianto, M. E., Chumaidiyah, E., & Aryani, S. (2023). Perancangan Model Bisnis Usulan Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Pada Startup Bidang Edukasi Investasi Saham The Investor Di Kota Solo. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(4). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i4.9386




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.4277

Article Metrics

Abstract Views : 156 | PDF Views : 43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kapas indexed by:



 


 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter