Pelatihan Teknik Copywriting Berbasis Media Canva terhadap Guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Jakarta
Manarul Hidayat(1), Dita Rosa Utami(2*), Mirza Agustin Rahma Putri(3), Sutrisno Sutrisno(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi dan digitalisasi telah membawa dampak signifikan pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. Teknologi dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, alat administrasi, dan sumber informasi untuk mendukung proses pendidikan. Salah satu keterampilan penting di era digital adalah copywriting, seni menulis pesan persuasif yang digunakan dalam pemasaran dan penyampaian informasi. Dalam konteks pendidikan, copywriting dapat membantu guru menciptakan materi ajar yang menarik, mempromosikan institusi, dan meningkatkan branding sekolah. Madrasah Ibtidaiyah, seperti lembaga pendidikan lainnya, menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk branding dan inovasi pembelajaran. Salah satu platform yang mendukung tujuan ini adalah canva, yang memungkinkan guru mendesain media pembelajaran dan materi promosi secara kreatif dan efisien. Namun, keterbatasan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi dan kurangnya pemahaman tentang copywriting menjadi hambatan utama. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan teknik copywriting berbasis canva kepada guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Jakarta. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami teknik copywriting berbasis media canva sebagai strategi branding sekolah dan inovasi pembelajaran. Hasilnya diharapkan dapat membantu institusi pendidikan menghadapi tantangan era digital dan memperkuat daya saing melalui strategi branding yang inovatif.
Full Text:
PDFReferences
Amrullah, M. F., Hanisah, N., & Putra, A. J. (2024). Peningkatan Kemampuan Membuat PPT Interaktif Melalui Pelatihan Canva AI kepada Guru PAUD Desa Badak. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 3(2), 200–209.
Li, M., Chen, Y. T., Huang, C. Q., Hwang, G. J., & Cukurova, M. (2023). From motivational experience to creative writing: A motivational AR-based learning approach to promoting Chinese writing performance and positive writing behaviours. Computers and Education, 202(May), 104844. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2023.104844
Marlina, D., Primawati, A., Niswati, Z., & Deanova, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva Pada Pembuatan Media Pembelajaran Di Taman Kanak-kanak ( TK ). Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(3), 376–382.
Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva dan Padlet Bagi Guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7670
Munahefi, D. N., Winarti, E. R., Asih, T. S. N., Azmi, K. U., & Rosyida, I. (2024). Project Based Learning ( PjBL ) melalui Penyusunan Poster dengan Teknik Copywriting pada Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 992–997.
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Parwati, K. Y. (2024). Copywriting Training to Improve Social Media Marketing Performance Gen-Z Business Actors. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6, 103–111. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.47
Putro, H. E., Aprilia, I. A., Kusumaningrum, G. R., Shalekha, N. G., Febrianasari, A., & Angelina, I. D. (2022). Meningkatkan Literasi Siswa Dengan Pojok Baca dan Branding Sekolah SDN Soronalan 2. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 108–118. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1845
Ristiawan, R., Dwitiyanti, N., & Selvia, N. (2023). Pelatihan Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Digital Bagi Guru SDN Sukarapih 01 Kab. Bekasi. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(2), 242–250.
Sya’adah, S. F. (2024). Strategi Promosi Berbasis Digital Marketing dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru di Sekolah Siti Fatikhatus Sya ’ adah meningkatkan penjualan dengan cara mengirim pesan persuasif kepada pelanggan untuk Teknik Digital Marketing masih jarang di. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 01(4). https://doi.org/https://doi.org/10.62383/dilan.v1i4.882
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v4i1.3966
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kapas indexed by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis