Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Yapemri Depok



Popi Purwanti(1*), Dasmo Dasmo(2), Indica Yona Okyranida(3), Sri Mayanty(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi dari permasalahan mitra meliputi 1) Kurangnya pemahaman semua guru terhadap Kurikulum Merdeka secara konkrit, 2) Butuh lebih informasi dalam mengintegrasikan Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran, 3) Membutuhkan pelatihan pembuatan bahan ajar dan media ajar untuk menerapan Kurikulum Merdeka secara Nasional. Guru dan staf di sekolah mungkin belum sepenuhnya memahami konsep, prinsip, dan cara implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga diperlukan pelatihan khusus untuk meningkatkan kompetensi yaitu dengan memberikan pelatihan (In House Training) Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Yapemri Depok. Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka ini diberikan kepada seluruh Guru SMA Yapemri Depok. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab yang dilakukan secara offline. Hasil akhir kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pemahaman Guru SMA Yapemri terhadap kurikulum Merdeka semakin konkrit. Memperluas informasi dalam mengintegrasikan Kurikulum Merdeka untuk pembelajaran. Serta Guru menjadi paham pembuatan bahan ajar dan media ajar untuk menerapan Kurikulum Merdeka secara Nasional.


Full Text:

PDF

References


Arif, M. (2022). Character Education Innovation in Forming Millenial Generation Personality. Didaktika Religia, 67-88.

Dr. I wayan Suja, M. (2020). Ketrampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya. Depok: RajaGrafindo Persada.

Fauzia, D. S. (2021). Penerapan Phet Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPS PTPN IV Bukit Lima Secara Daring. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 133-141.

Hehakarya, E., & Pollatu, D. (2022). Problematika Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 394-408.

Makrif, M., Sari, N., Muhardini, S., Ratu, T., & Erfan, M. (2023). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SDN 1 Banyumulek tahun 2023. Jurnal Warta Desa, 202-212.

Mirdayanti, R., & Murni. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi. Visipena, 323-330.

Pertiwi, Y., & Ferdian, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Phet Simulation. Abdimas Universal, 34-39.

Purwanti, P., Fitrian, A., Andayanti, W. and Ramadhani, A.A.C., 2024. Pengembangan E-modul Praktikum Fisika Virtual Materi Gerak Pada Kurikulum Merdeka. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 5(2), pp.89-97.

Rahel Rehuella Marpaung, N. R. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual PHET Simulation Sebagai Solusi Praktikum Waktu Paruh. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 110-118.

Rasam, F. S. (2019). Peran Kompetensi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Jakarta Selatan. Research and Development Journal of Education, 41.

Siswanto, D. H., Samsinar, Alam, S. R., & Andriyani. (2024). Peran Kompetensi Guru dalam Merapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan DIDAXEI, 763-773.

Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Variabel, 39-45.

Tran, D. &. (2023). Teacher Curriculum Competence; How Teachers act in Curriculum Making. Jurnal of Curriculum Studies, 1-16.

Wahira, Hamid, A., & HB, L. (2023). Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar Pada Guru Sekolah Dasar. EJOIN : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 43-48.

Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., Alhapip, L., . . . Krisna, F. N. (2024). Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kemendikbud, Riset dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i3.3938

Article Metrics

Abstract Views : 0 | PDF Views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter