Membangun Minat Guru di Kalimantan Barat untuk Studi Lanjut Pendidikan Tinggi
Aunurrahman Aunurrahman(1*),
(1) Universitas PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk membangun minat guru di Kalimantan Barat untuk melakukan studi lanjut pendidikan tinggi. PKM ini dilakukan secara daring dalam bentuk sosialisasi program studi jenjang sarjana jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), pascasarjana program magister, dan pendidikan profesi guru dengan melibatkan penulis selaku narasumber utama dan tim beserta pemangku kepentingan di bidang pendidikan. Pesertanya adalah 162 guru yang berasal dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Barat. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dan dilanjutkan dengan kegiatan inti sosialisasi oleh penulis dan tim, sesi tanya jawab, dan ditutup dengan pembagian tautan formulir presensi dan umpan balik kegiatan. Kegiatan PKM ini sukses berdasarkan umpan balik dari peserta yang mayoritas memberikan penilaian "Bagus Sekali" (60,49%) diikuti dengan penilaian "Bagus” (38,27%), dan penilaian “Cukup” (1,23%). Dengan demikian, kegiatan PKM ini bermanfaat bagi guru di Kalimantan Barat dalam membangun minat para guru untuk melanjutkan studi lanjut jenjang pendidikan tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Addayan, M. I., Mulyadi, M., & Masbirorotni, M. (2024). Analisis program pendidikan profesi guru dalam meningkatkan profesional guru di Indonesia. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47709/geci.v2i2.5060
Al-Amri, A. S., Jani, R., Mathew, P., & Zubairi, Y. Z. (2020). Optimal standards to measure the quality of higher education institutions in Oman: Stakeholders’ perception. Sage Open, 10. https://doi.org/10.1177/2158244020947440
Finefter-Rosenbluh, I., & Power, K. (2023). Exploring preservice teachers’ professional vision: Modes of isolation, ethical noticing, and anticipation in research communities of practice. Teaching and Teacher Education, 132, 104245. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104245
Indrawati, S. M., & Kuncoro, A. (2021). Improving competitiveness through vocational and higher education: Indonesia’s vision for human capital development in 2019–2024. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 57(1), 29–59. https://doi.org/10.1080/00074918.2021.1909692
Keller, M. M., Goetz, T., Hoy, A. W., & Frenzel, A. C. (2015). Teacher enthusiasm: Reviewing and redefining a complex construct. Educational Psychology Review, 28. https://doi.org/10.1007/s10648-015-9354-y
Mendikbudristek. (2024, Maret 7). Kepmendikbudristek Nomor 408/E/O/2024 tentang Penggabungan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak di Kota Pontianak dan Akademi Bahasa Asing Permata Hati Tarakan di Kota Tarakan menjadi Universitas PGRI Pontianak di Kota Pontianak Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Satuan Pendidikan Tinggi PGRI Kalimantan Barat.
Munawir, M., Aliya, N., & Bella, Q. S. (2022). Pengembangan profesi dan karir guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.339
Popielarz, K. E. (2023). Community-based teacher education: The experiences of teacher candidates learning alongside grassroots youth organizers. Journal of Teacher Education, 75. https://doi.org/10.1177/00224871231201838
Siddiqui, S., Kamran, M., & Kazmi, A. B. (2023). Teacher professional development for managing antisocial behaviors: A qualitative study to highlight status, limitations and challenges in educational institutions in the metropolis city of Pakistan. Frontiers in Education, 8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1177519
Wardoyo, C., Herdiani, A., & Sulikah, S. (2017). Teacher professionalism: Analysis of professionalism phases. International Education Studies, 10. https://doi.org/10.5539/ies.v10n4p90
Zamhari, Z., Noviani, D., & Zainuddin, Z. (2023). Perkembangan pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i3.3845
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kapas indexed by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis