Literasi Digital pada Aplikasi LingoDeer untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris di Meadow Green Residence 3



Agus Wilson(1*), Septian Wulandari(2), Heru Sulistiono(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di Meadow Green Residence 3, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, dengan tujuan meningkatkan literasi digital dan keterampilan bahasa Inggris bagi ibu-ibu rumah tangga serta anak-anak. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah penggunaan gadget yang berlebihan oleh anak-anak, kurangnya pemahaman ibu-ibu terhadap aplikasi pembelajaran, serta rendahnya motivasi anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Sebagai solusi, program ini menyediakan pelatihan bagi ibu-ibu dalam menggunakan aplikasi LingoDeer secara efektif untuk membimbing anak-anak dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, dilakukan sosialisasi mengenai pengawasan dan pembatasan penggunaan gadget agar lebih bermanfaat bagi pendidikan. Kegiatan ini mengintegrasikan metode pembelajaran interaktif, seperti permainan bahasa dan sesi membaca bersama, guna meningkatkan motivasi anak-anak dalam belajar. Pelaksanaan kegiatan berlangsung dari September 2024 hingga Januari 2025 dengan berbagai tahapan, mulai dari observasi lapangan, pelatihan, pendampingan, hingga evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa ibu-ibu rumah tangga lebih mampu memanfaatkan teknologi secara bijak untuk mendukung pendidikan anak-anak. Anak-anak juga mengalami peningkatan motivasi dan keterampilan bahasa Inggris melalui metode pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Target luaran yang dicapai mencakup peningkatan keterampilan literasi digital dan bahasa Inggris bagi ibu-ibu dan anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Fahrizal, Y., & Suminar, I. T. (2023). Improving Parents’ Ability To Control Gadget Usage Among Children In Pre-School. Proceeding International Conference of Technology on Community and Environmental Development, 1(2). https://doi.org/10.18196/ictced.v1i2.89

Fitria, T. N. (2023). Using Information and Communication Technology (ICT) in the Education Sector: Opportunities and Challenges in English Language Teaching (ELT). Teaching English as Foreign Language, Literature and Linguistics, 3(1), 9–30. https://doi.org/10.33752/teflics.v3i1.4038

Hidasari, F. P., & Bafadal, M. F. (2021). Anthropometry Profile and Pattern of Gadget Playing Activity for Preschoolers. Journal Sport Area, 6(2), 209–217. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(2).6326

Ifianti, T., & Rosa, C. H. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Lingodeer Pada Peningkatan Kemampuan Kosakata Siswa Kelas Delapan Smp Islam Malang. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga), 2(1), 386–395.

Lavy, V., Lotti, G., & Yan, Z. (2022). Empowering Mothers and Enhancing Early Childhood Investment. Journal of Human Resources, 57(3), 821–867. https://doi.org/10.3368/jhr.57.3.0917-9083R2

LingoDeer - Learn Languages - Apps on Google Play. (n.d.). https://play.google.com/store/apps/details?id=com.lingodeer&hl=en_US&pli=1

Mdidimba, N. (2020). Parents’ Views Regarding the Implementation of Knowledge and Skills Acquired in Parenting Skills Training.

Saragih, M., Lumbangaol, R. R., & Ginting, T. B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Aplikasi Lingodeer Pada Siswa Smp Kelas Vii Sekolah Singosari Delitua. Widya, 3(2), 356–363.

Sari, N. M., & Abrar, M. (2024). Use of Technology in English Language Learning: Challenges and Benefits. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 7(2), 362–372. https://doi.org/10.31539/leea.v7i2.10034

Thao, L. H. P., & Macalister, J. (2024). Engagement in Oral Production the Impact of a Coursebook Innovation. Language Teaching for Young Learners, 6(1), 32–59. https://doi.org/10.1075/ltyl.00042.eng

Wahyuningsih, S., & Mua’dib, M. G. (2023). The Role of Parents in Enhancing Children’s English Skills: Evidence from Indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 14(2), 187–197. https://doi.org/10.31849/lectura.v14i2.14309




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i3.3787

Article Metrics

Abstract Views : 2 | PDF Views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter