Pelatihan PembuatanVideo dari Foto/Gambar Sebagai Media Pembelajaran Pada Taman Kanak-kanak Islam Fatahillah dengan Aplikasi Canva
Dwi Marlina(1*), Alusyanti Primawati(2), Za’imatun Niswati(3), Renata Amelia Agatha(4), Muhammad Sofi Agil(5),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tenaga pendidik (guru) pada era digitalisasi ini dituntut untuk dapat menggunakan teknologi komputer untuk membuat media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang mendukung pembuatan media pembelajaran yang menarik dengan komputer yaitu aplikasi Canva. Aplikasi Canva memiliki banyak fitur dan fungsi yang dapat membantu dalam pembuatan media pembelajaran seperti pembuatan video dari foto atau gambar yang menarik sesuai dengan kebutuhannya. Kendala yang dihadapi tenaga pendidik khususnya guru adalah masih kurangnya ketrampilan penggunaan aplikasi Canva untuk membuat media pembelajaran. Hal tersebut dialami oleh guru Taman Kanak-kanak (TK) Islam Fatahillah yang belum terbiasa menggunakan aplikasi Canva. Kegiatan pengabdian kepada masyarat (PkM) menggunakan metode presentasi, ceramah, diskusi dan kombinasi antara metode tersebut. PkM ini meningkatkan ketrampilan dan pemahaman peserta terkait penggunaan aplikasi Canva.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Siskanda. 2022. “Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada Pendidikan Berbasis Lingkungan Authors Siskanda Dewi.” Education Journal of Indonesia 3(November): 44–48. doi:10.30596/eji.v3i2.3207.
Hakim, Andi. 2020. “Peran Dan Fungsi Media Komputer Dalam Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Dasar 11(2): 137–46.
Halidjah, Siti, and Asmayani Salimi. 2022. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Bagi Guru Sekolah Dasar.” Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1): 1–9. doi:10.46368/dpkm.v2i1.440.
Hamka, L, Evi Ristiana, Adnan, Abdul Muis, A Farida Arsal, Muliana G H, and Yade K Yasin. 2022. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Guru SD Negeri Mandai Kota Makassar.” Jurnal Hasil Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 01(01): 71–76.
Marlina, Dwi, Alusyanti Primawati, Za Niswati, and Ilham Deanova. 2024. “Penggunaan Aplikasi Canva Pada Pembuatan Media Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak ( TK ).” 2(3): 376–82.
Rosdiana, Rosdiana. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1(2): 87–100. doi:10.24256/jpmipa.v1i2.95.
Sriwahyuni, Eci, Nova Asvio, and Nofialdi Nofialdi. 2017. “Metode Pembelajaran Yang Digunakan Paud (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 4(1): 44. doi:10.21043/thufula.v4i1.2010.
Sunarti, Sri. 2022. “Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba.” Jurnal Perspektif 15(1): 96–105. doi:10.53746/perspektif.v15i1.71.
Wasi’ul Maghfiroh. 2020. “Dampak Teknologi Informasi (IT) Terhadap Dunia Pendidikan.” Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri (3): 241–54.
Yuliana, Dyan, Achmad Baijuri, Arico Ayani Suparto, Siti Seituni, and Sheilla Syukria. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) 6(2): 247–57. doi:10.37792/jukanti.v6i2.1025.
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i3.3352
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Kapas indexed by:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis