Peningkatan Kemampuan Membuat PPT Interaktif Melalui Pelatihan Canva AI kepada Guru PAUD Desa Badak



M. Fikri Amrullah(1), Nur Hanisah(2*), Alviansyah Jaya Putra(3),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Semarang State University
(3) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan di tingkat PAUD memerlukan dukungan teknologi untuk memfasilitasi dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar secara efektif. Salah satu aspek penting adalah kemampuan guru dalam membuat presentasi yang menarik dan interaktif. Adapun pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru PAUD di Desa Badak dalam membuat presentasi Power Point (PPT) interaktif melalui pelatihan menggunakan Canva AI. Metode yang digunakan melibatkan pelatihan langsung dengan beberapa tahapan, yaitu pemberian materi, demonstrasi pembuatan PPT interaktif dan praktik mandiri oleh peserta. Peserta pelatihan adalah guru-guru PAUD di Desa Badak. Adapun hasil pelatihan yang diperoleh adalah berupa meningkatnya kemampuan guru PAUD dalam membuat PPT, baik dari pembuatan PPT sederhana hingga PPT interaktif berbasis AI.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, A., Hasanah, A., & Munsi, M. F. (2019). Literasi Visual Melalui Teknologi Canva: Stimulasi Kemampuan Kreativitas Berbahasa Indonesia Mahasiswa. Universitas Suryakancana, 183-187.

GTK Kemendikbud. (2018). 40 Persen Guru yang Siap dengan Teknologi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/40-persen-guru-yang-siap-dengan-teknologi#:~:text=GTK%20%2D%20Pusat%20Teknologi%20Informasi%20dan,TIK)%20yang%20siap%20dengan%20teknologi.

Hakim, L. (2021). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Strategi dan Adaptasi pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(4), 760-766.

Insani, A., Listyowati, A., Kurniawan, A., & Fachrurrazi, A. (2021). Pemanfaatan Power Point dalam Membuat Presentasi Menarik Secara Daring pada Guru PAUD. Kanigara, 1(1), 73-76. https://doi.org/10.36456/kanigara.v1i1.3160.

Kemendikbud. (2023). Kurikulum Merdeka Dorong Pembelajaran yang Berpusat Pada Siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/05/kurikulum-merdeka-dorong-pembelajaran-yang-berpusat-pada-siswa.

Lewin, C., & McNicol, S. (2015). Supporting The Development of 21st Century Skills Through ICT. KEYCIT 2014-Key Competencies in Informatics and ICT, (7), 181-198.

Maulia, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, dan Diseminasi, 1(1), 83-87.

Nirmala, S. U., Agustina, A., Robiah, S., & Ningsi, A. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 182-187. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.746.

Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Di Raudhatul Atfhal Al-Ikhlas Kota Singkawang. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 485-500.

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321-328.

Priyanti, E., & Haryanto, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4585-4598. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4124.

Pusdatin Kemendikbud. (2022). Teknologi Pembelajaran untuk Guru PAUD. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusdatin.kemdikbud.go.id/teknologi-pembelajaran-untuk-guru-paud/.

Pusdiklat. (2021). Microsoft PowerPoint Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Interaktif. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/78/microsoft-powerpoint-sebagai-salah-satu-media-pembelajaran-interaktif

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030.

Tijaniyah, T., Febriyanto, F., & Dinillah, F. (2021). Pendampingan Guru TK PAUD dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon dan Microsoft Office Power Point. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(1), 105-112. 10.33650/guyub.v2i1.2068.

Zein, M. F. (2019). Anak dan Keluarga dalam Teknologi Informasi. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan (KDT).




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i2.3202

Article Metrics

Abstract Views : 40 | PDF Views : 10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter