PKM Pembelajaran Pengenalan E-commerce Di Kampung Pitara Kelurahan Pancoran Mas



Rina Mayanti(1*), Hana Cintia Ayu Radita(2), Sekari Ageng Pratiw(3), Irna Wati(4), Sanusi Ibnu Zana(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dasar tentang e-commerce kepada masyarakat Kampung Pitara, Kelurahan Pancoran Mas. Dalam era digital yang terus berkembang, e-commerce menjadi salah satu komponen penting dalam perekonomian modern. Namun, banyak masyarakat yang masih kurang memahami konsep dan manfaat e-commerce. Melalui program ini, peserta diajarkan cara memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk lokal secara online, mengelola toko online, serta strategi pemasaran digital. Metode yang digunakan meliputi ceramah, diskusi interaktif, dan praktik langsung. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang e-commerce, serta kemampuan mereka dalam membuat dan mengelola toko online. Diharapkan, kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Kampung Pitara dengan membuka akses pasar yang lebih luas melalui e-commerce.


Full Text:

PDF

References


Buttle, F. (2015). Customer Relationship Management (3rd ed.). Amsterdam: Elsevier Publishing.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing. Harlow, Essex, Inggris.: Pearson UK.

Christensen, C. M. (2020). The Innovator’s Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Boston, Massachusetts, USA.: Harvard Business School Press.

Garrett, B. L. (2011). Convicting the Innocent: Where Criminal Prosecutions Go Wrong. Cambridge, Massachusetts, USA.: Harvard University Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi 12,). Jakarta, Indonesia.: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Sistem Informasi Manajemen: Mengelola Perusahaan Digital (Edisi 13). Jakarta, Indonesia.: Salemba Empat.

McAfee, A., & Brynjolfsson, E. (2012). Big Data: The Management Revolution. Harvard Business Review. Retrieved from https://hbr.org/2012/10/big-data-the-management-revolution

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. New York, USA.: Crown Publishing Group.

Singh, M., & Jain, P. (2013). Working Process of Time Management in SAP HR Module. International Journal of Management Research and Reviews, 3(1).

Stair, R. M., Reynolds, G. W., Hulbert, J. W., Calhoun, J., & Shipp, L. (2012). Principles of Information Systems (10th ed). Boston, Massachusetts, USA.: Cengage Learning.

Turban, E., Outland, J., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective. Cham, Switzerland.: Springer Cham.

Zhang, Y., Zhao, J., & Zhou, L. (2018). The Impact of E-Commerce on Supply Chain Management. Journal of Industrial Engineering and Management, 11(1), 29–51.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.3133

Article Metrics

Abstract Views : 15 | PDF Views : 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter