Pelatihan Business Plan Dengan Business Model Canvas Siswa Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta Selatan
Lukas Arief Prasetyo(1*), Imam Himawan(2), Redo Abeputra Sihombing(3), Achmad Fauzi(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kewirausahaan adalah proses sistematis menerapkan kreativitas dan inovasi terhadap peluang pasar. Banyak orang memiliki ide bisnis namun tidak merealisasikannya karena kurang pengetahuan atau langsung menjalankan usaha tanpa perencanaan yang tepat. Padahal, setiap orang dapat mempelajari teknik dan perilaku untuk menjalankan ide bisnis. Pelatihan rencana bisnis ini bertujuan menanamkan jiwa kewirausahaan pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 19 Jakarta Selatan, meningkatkan minat, dan membekali mereka dengan kemampuan membuat rencana bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC). Tim pengabdian masyarakat memberikan pemahaman pentingnya kewirausahaan, melatih pembuatan rencana bisnis dengan BMC, dan mengevaluasi hasil pelatihan. Mereka menciptakan komunikasi dua arah dengan peserta dan mendampingi dalam pembuatan rencana bisnis yang bermakna. Pelatihan ini diharapkan memungkinkan siswa mengimplementasikan pengetahuan mereka saat menjalankan bisnis di masa depan. Hasil menunjukkan bahwa peserta memahami, antusias, dan mampu membuat rencana bisnis menggunakan template BMC, menambah wawasan mereka tentang kewirausahaan.
Full Text:
PDFReferences
Rosmiati, Donny Teguh Santoso Junias, Munawar, (2015), Sikap, Motivasi, dan minat berwirausaha mahasiswa
Ermaya, S. K. and Darna, N. (2019) ‘Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk)’, Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), pp. 207–210.
Osterwalder, Alexander dan Pigneur. 2012. Business Model Generation. PT Elex Media Komputindo. Jakarta
Zakky. 2018. “Pengertian Wirausaha Secara Umum dan Menurut Para Ahli”. https://www.zonareferensi.com/pengertianwirausaha/. Diakses pada 03 Maret 2024.
Fitriani, R., & Sultan, M. A. (2019). Model Bisnis Kanvas Sebagai Solusi Inovasi Bagi Yang Kecil Bisnis. Ilmu Manajemen Dan Bisnis ,10(2), 197–203
Tahwin, M., & Widodo, A. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1),154–166. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.154-166
Candraningrat, Yurisma, D.Y. And Mujanah, S. (2021) „Pengembangan Strategi Bisnis Melalui BMC (Business Model Canvas) Dan Strategi Pemasaran Bagi Umkm Sari Delight Surabaya‟, 1(1), P. 9.
David, F.R. (2009) Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
David, F.R. (2015) Manajemen Strategik. Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta: Salemba Empat.
Ihsani, F., Purnomo, D. And Ardiansah, I. (2020) „Pengembangan Bisnis Beras Organik Berbasis Sociopreneurship Menggunakan Business Model Canvas (BMC) Di Gapoktan Simpatik Desa Mekarsari Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya‟, Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), Pp. 238–249. Doi:10.21776/Ub.Jepa.2020.004.02.2.
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i2.3128
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis