Penguatan Literasi Digital Sebagai Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Bagi Guru SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta



Tashia Indah Nastiti(1), Lia Susanti(2), Khoirun Nisa(3*),

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai penanda dari Era Industri 4.0 adalah pemanfaatan teknologi-teknologi baru yang memudahkan segala pekerjaan serta mengefisiensikan waktu dalam penyelesaian pekerjaan. Berbagai kendala banyak dialami guru dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan teknologi mulai dari yang sederhana hingga super canggih. Pesatnya perkembangan teknologi membuat para tenaga pendidik atau guru khususnya berusia menjelang pensiun, masih merasa kesulitan dalam beradaptasi. Dengan permasalahan di atas perlu adanya pelatihan dan penguatan literasi digital sebagai pemanfaatan teknologi pendidikan bagi guru. Adapun yang diharapkan  dari  pelaksanaan  kegiatan  ini yaitu dengan meningkatkan Literasi Digital guru dan karyawan SD Islam Muhammadiyah 28 Jakarta sehingga dapat mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi dgital dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan metode Seminar dan Diskusi, di mana peserta mendengarkan arahan/presentasi dari narasumber, pemberian contoh-contoh pemanfaatan teknologi di sektor pendidikan, dan melakukan tanya jawab.


Full Text:

PDF

References


Anwar, C. R., & Ramadani, P. (2021). Digital Storytelling: Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Proceeding Teknologi Pendidikan Seminar Daring Nasional 2021: Digital Generation For Digital Nation, 1(8), 82–86. https://ojs.unm.ac.id/tekpend/article/view/22637

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Diputera, K, S., Tristiantari, N, K, D., & Jayanta, I, N, L. (2020). Gerakan literasi digital bagi guru-guru sekolah dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118–128. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES

Halim, N., Susilawati, S., Dwigustini, R., & Wahyudi, M. (2022). Peningkatan literasi digital remaja dalam masa PPKM level 4. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 464–470. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.884

Hardiyanti, W. E., & Alwi, N. M. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Digital Guru PAUD pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3759–3770. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1657

Haz, A. M., & Sugianto, E. S. (2022). Analisis Pentingnya Kompetensi Pedagogik dan Literasi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. JSG : Jurnal Sang Guru, 1(3), 207–214.

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.231-240

Nisa, Z., & Fitrayati, D. (2022). Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.18592/ptk.v8i2.6840

Rini, R., Suryadinata, N., & Efendi, U. (2022). Literasi digital mahasiswa dan faktor-faktor yang berpengaruh. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(2), 171–179. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48774

Yulisnawati Tuna. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i2.3116

Article Metrics

Abstract Views : 13 | PDF Views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter