Pelatihan Strategi Komunikasi Efektif Sebagai Sales Bagi Peserta Kartu Prakerja



Sri Endang Wahyuni(1*), Puji Suharmanto(2), Siti Ayu Kumala(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sales person merupakan salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Perusahaan umumnya akan mempekerjakan beberapa Sales sekaligus yang menguasai keterampilan berkomunikasi, sebab keterampilan berkomunikasi menjadi salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki seorang Sales untuk menjual dan menawarkan produk pada calon pelanggan. Namun, banyak Sales yang gagal saat berkomunikasi dan melayani pelanggan. Beberapa di antaranya adalah Sales tidak mendengarkan kebutuhan pelanggan, Sales tidak melakukan follow up kepada pelanggan, Sales terlalu agresif terhadap pelanggan dan ketidakjelasan Sales pada saat melakukan penawaran produk yang dijual. Oleh karena itu, Tim Abdimas bermitra dengan rumah siap kerja, bekerjasama mengadakan pelatihan mengenai strategi komunikasi efektif sebagai Sales bagi peserta kartu prakerja. Tujuan dari pelaksanaan abdimas untuk menambah pengetahuan dan keterampilan peserta mengenai strategi komunikasi efektif dalam menawarkan produk. Metode pelaksanaan yang digunakan berupa sosialisasi dan praktek. Berdasarkan hasil Angket pelatihan diperoleh 80% peserta menunjukkan respon positif bertambah pengetahuannya dan keterampilanya dalam menjalankan aktivitas penjualan dan menghasilkan pendapatan perusahaan yang optimal serta efektif.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, K., & Widodo, A. (2020). Peran Teknologi Komunikasi Dalam Pemasaran Produk Perbankan Pada Konsumen Di PT Dwi Cermat Indonesia Jakarta. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), Volume 18, No. 1, April, hal: 59 - 72.

Arrosyid, M. A., Apriyadi, M. T., Aulya, M. N., Agustina, S., Susilawati, S., Salwalan, S., & Firmansyah, R. (2023). Peranan Komunikasi Bisnis Dalam Interpersonal Skills Profesi Sales And Marketing. Jurnal NIAGAWAN, Vol 12 No 2 Juli, hal: 65 - 72; p-ISSN : 2301-7775 ; e-ISSN : 2579-8014.

Budiaji, W. (2023). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert . Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan , Vol. 2 No. 2 Desember Hal : 127-133.

Gnanasundaram, S. (2023, Mei 7). 7 Common Mistakes Every Sales Person Should Avoid. Diambil kembali dari Lystloc: https://www.lystloc.com/blog/7-common-mistakes-every-Sales-person-should-avoid/

Irawan, A. R. (2024). Analisis Peran Komunikasi Dalam Pengaruhnya Terhadap: Kinerja, Produktivitas, Dan Penjualan. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, Vol.2, No. 1 Januari, hal: 328-340; e-ISSN: 3025-342X; p-ISSN: 3025-2776, DOI: https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.896 .

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. KAMPRET Journal, Vol. 1 No. 2, Januari, hal : 1 - 10 ; ISSN 2828-3678 (Online).

Puspitasari, D., & Danaya, B. P. (2022). Pentingnya Peranan Komunikasi Dalam Organisasi: Lisan, Non Verbal, Dan Tertulis (Literature Review Manajemen). JESMI ( Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi), Volume 3, Issue 3, Januari: hal: 257 - 268 ; E-ISSN: 2686-5238, P-ISSN 2686-4916 , https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.

Putra, I. G., Artana, I. M., Utamidan, N. W., & Werthi, T. K. (2021). Digital Scaleup: Pelatihan Pitchingdan Connecting With Ecosystem. Jurnal Karya Abdi LPPM Universitas Jambi, Volume 5 Nomor 3 Desember, hal : 623 - 626 ; P-ISSN:2580-1120 ; E-ISSN:2580-2178 .

Satrio, B. (2020, September Selasa). Kiat Memiliki Kemampuan Berkomunikasi yang Baik. Diambil kembali dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13426/Kiat-Memiliki-Kemampuan-Berkomunikasi-yang-Baik.html

Suhairi, Munthe, I. H., Saragih, R. M., & Deri, M. F. (2023). Strategi Komunikasi Efektif Menjangkau Peluang Pasar Global. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 7 Nomor 3, hal: 30721-30726 ; ISSN: 2614-6754 (print); ISSN: 2614-3097(online).

Unger, V., Kotzegger, U. H., & Johannes, R. (2021). Preparing for the Next Normal: How University Sales Competitions and the Development of Students' Sales-Relevant Skills Have Changed Through COVID-19. Journal for Advancement of Marketing Education, Volume 29, Agustus hal: 29 - 41.

Utami, S. N. (2021, Agustus 27). Sales Person: Pengertian dan Tipenya. Diambil kembali dari Kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/27/135613469/Sales-person-pengertian-dan-tipenya?debug=1&lgn_method=google&google_btn=onetap




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2947

Article Metrics

Abstract Views : 17 | PDF Views : 20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter