Lokakarya Pembelajaran Diferensiasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru SMA Karya 45 Kabupaten Musi Rawas



yaspin yolanda(1*), Yufitri Yanto(2),

(1) Universitas PGRI Silampari
(2) Universitas PGRI Silampari
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pada 4-5 Januari 2024 dilaksanakan selama dua kali pertemuan, yang melibatkan 20 guru SMA karya 45 Kabupaten Musi Rawas. Lokakarya ini menggunakan menggunakan alur merdeka. Tujuan PKM memberikan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi, memberikan pemahaman bagaimana cara melakukan pemetaan siswa berdasarkan kesiapan belajar, gaya belajar dan minat belajar murid. Capaian pengetahuan peserta diukur dengan tes awal dan akhir. Instrumen menggunakan tes awal dan akhir. Hasilnya menunjukkan (1) Pengetahuan tentang jenis-jenis diferensiasi berdasarkan kesiapan belajar, gaya belajar dan minat belajar siswa yakni 90% paham konsep dan 10% tidak paham konsep. (2) Pengetahuan tentang ragam pembelajaran diferensiasi melalui aktivitas diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk yakni 80% paham konsep dan 20% tidak paham konsep. (3) Pengetahuan tentang bagaimana cara memetakan siswa berdasarkan kebutuhan belajar melalui rancangan pemetaan siswa yakni 80% paham konsep dan 20% tidak paham konsep. (4) Pengetahuan tentang tujuan dan model-model refleksi pembelajaran yakni 90% paham konsep dan 10% tidak paham konsep. (5) Pengetahuan asesmen sesuai karakteristik siswa melalui aktivitas diferensiasi setiap pertemuan terdapat di modul ajar yakni 70% paham konsep dan 30% tidak paham konsep. Kesimpulan rata-rata ketercapaian pengetahuan peserta tentang pembelajaran diferensiasi adalah rata-rata persentase 82% paham konsep dan 18% tidak paham konsep.


Full Text:

PDF

References


Andajani, K. (2023). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54.

Astiti, K. A., Supu, A., Sukarjita, I. W., & Lantik, V. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tipe Connected Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Lapisan Bumi Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(2), 112–120. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i2.38498

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Laumarang, S. N., Odja, A. H., & Supartin, S. (2023). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(3), 315–326. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i3.2337

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91.

Nurmaya, E., Rusilowati, A., & Sulhadi, S. (2023). Analisis Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Peserta Didik MAN 1 Semarang untuk Pembelajaran Fisika Berdiferensiasi Materi Teori Kinetik Gas. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 (Issue November). http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27283

Putra, Ar., & Sofino. (2023). Alur Merdeka Pada Workshop Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Program Pendidikan Kesetaraan Di Spnf- Skb Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB), 1(2), 46–54. https://doi.org/10.33369/abdimas.v1i2.31441

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Safarati, N., & Zuhra, F. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(November), 33–37.

Suhartini, H. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Murid kelas X-A SMAN 3 Pandeglang pada Materi Energi Terbarukan. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 97–101. https://doi.org/10.30653/003.202391.13

Windayanti, W., Afnanda, M., Agustina, R., Kase, E. B. S., Safar, M., & Mokodenseho, S. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163–177. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3197

Yolanda, Y. (2023). Penerapan Lesson Study Berbasis Alur Merdeka pada Mata Kuliah Telaah Kurikulum Buku Teks Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa. Journal of Physics and Science Learning, 07(1), 6–19.

Yolanda, Y., & Lovisia, L. (2023). Lesson Study Mata Kuliah Telaah Kurikulum Buku Teks Fisika Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Menggunakan Alur Merdeka. MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIR, 1(2), 67–78.

Yolanda, Y., Nisai, N., Pujianto, Aslia, & Sukmaniar. (2023). Lokakarya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 2(1), 32–44. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1829

Yolanda, Y., Sofiarini, A., & Abadi, C. (2023a). Lokakarya Guru SMA Tentang Penyusunan Modul Ajar Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Berbantuan Aplikasi Flip Book. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 175–188. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakarya/article/view/9298%0Ahttps://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekakarya/article/viewFile/9298/3498

Yolanda, Y., Sofiarini, A., & Abadi, C. (2023b). Lokakarya Penyusunan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Komite Pembelajaran SDIT Annajiah Lubuklinggau. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 169–182. https://doi.org/10.31540/jpm.v6i1.2573




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2946

Article Metrics

Abstract Views : 60 | PDF Views : 123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter