Eksplorasi Kemampuan Data Science: Penerapan Algoritma Naive Bayes di SMK Media Informatika



Saruni Dwiasnati(1*), Sabar Rudiarto(2), Popy Yuliarty(3),

(1) Universitas Mercu Buana
(2) Universitas Mercu Buana
(3) Universitas Mercu Buana
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran adalah komponen krusial dalam pelaksanaan proses pembelajaran, terutama di era yang dipenuhi dengan berbagai data. Pengabdian kepada masyarakat ini terfokus pada eksplorasi dan implementasi Algoritma Naive Bayes di SMK Media Informatika dengan tujuan untuk meningkatkan literasi data science di kalangan pelajar. Inisiatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemungkinan penerapan Algoritma Naive Bayes sebagai alat prediktif dan klasifikasi dalam kurikulum sekolah menengah. Metode yang diaplikasikan melibatkan pengajaran dasar-dasar Algoritma Naive Bayes, diikuti dengan penggunaan praktis dalam proyek-proyek kelas menggunakan data nyata. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang model probabilistik dan kemampuan mereka dalam menggunakan model tersebut untuk menyelesaikan masalah klasifikasi yang sederhana. Pengabdian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mengintegrasi data science secara lebih mendalam dalam pendidikan SMK, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kurikulum lebih lanjut. Diharapkan, pengabdian yang dilakukan ini akan memberikan perspektif baru dalam pengajaran data science di tingkat sekolah menengah dan mendorong penggunaan teknik analitik terbarukan yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan vokasional.

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2021). 21st-Century Skills And Social Studies Education. 2(March), 82–92.

Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., Mursidin, M., Islam Makassar, U., Mattappa, A., & Inggris, P. B. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba (Vol. 2, Issue 2).

Ardipal. (2018a). Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 11(1).

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.

Foroushani, Z. J.-A., Mahini, F., & Yousefy,A. R. (2012). Moral Education As Learner’s Need In 21 Century: Kant Ideas On Education. Procedia -Social And Behavioral Sciences, 47, 244–249.

Haug, B. S., & Mork, S. M. (2021). Taking 21st Century Skills From Vision To Classroom : What Teachers Highlight As Supportive Professional Development In The Light Of New Demands From Educational Reforms. Teaching And Teacher Education, 100, 103286.

Peña-Ayala, A. (2021). A Learning Design Cooperative Framework To Instill 21st Century Education. Telematics And Informatics, 62(May), 1–16.

Pratiwi, I. W., Triyono, & Warsiti. (2017). Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inkuiri, 2(1), 88–105

Teo, P. (2019). Learning , Culture And Social Interaction Teaching For The 21st Century : A Case For Dialogic Pedagogy. 21(January), 170–178.

Suryandari K.C., Rokhmaniyah, W. (2021). European Journal Of Educational Research. 10(3), 1329–1340.

Yunianto, T., Suyadi, S., & Suherman, S. (2020). Pembelajaran Abad 21: Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Akhlak Melalui Pembelajaran STAD Dan PBL Dalam Kurikulum 2013. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 203.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2780

Article Metrics

Abstract Views : 31 | PDF Views : 29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter