PKM Pendampingan dan Pelatihan Microsoft Office pada Kader Posyandu Melati 3 di RT 010/02 Tanjung Barat Jagakarsa Jakarta Selatan



Kristiningsih Kristiningsih(1*), Pandhu Pramarta(2),

(1) Unindra PGRI Jakarta
(2) Unindra PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada pendampingan dan pelatihan peningkatan keterampilan TIK microsoft office bagi kelompok kader Posyandu Melati3  RT 010 RW 02 Tanjung Barat. Penentuan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan TIK para anggota kelompok kader Posyandu Melati 3 yang terdiri dari ibu-ibu  dengan berbagai macam latarbelakang pendidikan dan ekonomi. Tujuan yang ingin di capai pada PKM ini diantaranya: 1) membantu untuk meningkatkan kemampuan TIK kelompok kader Posyandu Melati 3 RT 010 RW 02 Tanjung Barat melalui kegiatan pelatihan microsoft office, 2) memberikan pemahaman bagaimana cara membuat laporan administrasi secara digital, 3) memberikan kesempatan dan pengalaman kerja untuk dosen dan mahasiswa, 4) membina kerja sama dengan berbagai pihak terkait, terutama masyarakat setempat, sebagai syiar untuk memperkenalkan Universitas Indraprasta PGRI kepada masyarakat. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan PKM ini adalah melalui ceramah dan pelatihan. Materi-materi terkait pelatihan disampaikan melalui ceramah dan diskusi dan praktek secara langsung.   Kegiatan PKM ini secara keseluruan mendapakan hasil yang baik dan memuaskan. Beberapa komponen yang berhasil dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya: 1) ketercapaian tujuan kegiatan, 2) tercapainya target materi yang telah direncanakan.


Full Text:

Untitled PDF

References


Arifin, R., & Latif, N. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Menyurat Berbasis Web Pada Kantor Balai Latihan Masyarakat Makassar. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 10(1), 68-76.

Ashari, M. & Mashud (2019). Program Aplikasi Perkantoran. I ed. Makassar: Rayhan Intermedia.

Kementerian Kesehatan RI (2011). Pedoman Umum Pengelolaan Posyandu. Jakarta: Kemenkes RI.

Syamsu, S., Ramlah, P., & Muniar, A. Y. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Pada Aparat dan Perangkat Desa Kurusumange, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros. JPEMAS-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 37-44.

Kementerian Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta : Kemenkes RI; 2020.

Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. Jakarta; 2019.

Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 284/MENKES/SK/III/2004 tentang Buku Kesehatan Ibu dan Anak.

Arif Soemantri. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta; Kencana; 2011.

Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2015 Standar Kapsul Vitamin A Bagi Bayi, Anak Balita, dan Ibu Nifas. Jakarta; 2015.

Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2019 Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Jakarta; 2019.

Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2019 Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta; 2019.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2733

Article Metrics

Abstract Views : 14 | PDF Views : 0 | PDF Views : 10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter