Pelatihan Penyusunan E-Instruments Classroom Action Research Terhadap Guru SMPN 102 Jakarta



Ismailah Nasrudin(1*), Nandang Suwela(2), Muhammad Yusuf Bakhtiar(3),

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Program pelatihan penyusunan e-instruments classroom action research terhadap guru di SMPN 102 Jakarta ini  merupakan salah satu tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberi pendampingan dan pelatihan penyusunan e-instruments karena masih ada sebagian guru yang kurang memahamidalammenyusun instrumen yang akan digunakan untuk kegiatan penelitian tindakan kelas. Oleh sebab itu, dalam  kegiatan ini,tim abdimas memberikan  motivasi sekaligus pendampingan dan pelatihan terhadap guru bagaimana menyusun instrumen agar kedepan para guru mampu merakit e-instruments yang baik dan memanfaatkan teknologi Google form. Adapun tahapan – tahapan kegiatan ini adalah pembukaan, sambutan, penyampaian materi inti, praktek membuate-instruments dan tanya jawab serta evaluasi kegiatan. Kegiatan ini mampu meningkatkan kecakapan guru dalam membuat e-instruments classroom action research dengan memanfaatkan bantuan teknologi.

Full Text:

PDF

References


Akrim. (2018). Media Learning in Digital Era. Proceedings of 5th International Conference Community Development (AMCA 2018).

Fitriah, Dhia., & Miranda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Hopkins, David. A (2010). Teacher's Guide To Classroom Research, Philadhelpia: Open University Press.

Hasyim, M & Kristian B, dkk (2023). Konsep & Implementasi Pendidikan, Penerbit, Cendekia Publisher, Makassar.

Juliastuti, & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam.

Kurniawan, Nurhafit. (2017). Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit:CV Budi Utama, Yogyakarta

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad ke-21. JMKSP.

Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2021). Pembelajaran Edukatif yang Asyik di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdi.

Tari, Ezra., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik di Era Digital. Jurnal Ilmiah Teologi.

PermenPAN nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2681

Article Metrics

Abstract Views : 28 | PDF Views : 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter