Pelatihan Penjualan Online dengan Metode Mentoring dan Coaching Kepada Pedagang Pasar Pejuang Bekasi
Andri Andri(1*), Rudi Prasetya(2), Sepniyanti Sepniyanti(3), Lengsi Manurung(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Globalisasi telah difasilitasi oleh kemunculan platform penjualan online dan meluasnya penggunaan ponsel pintar. Pedagang pasar Pejuang Pratama adalah pedagang tradisional yang sering menghadapi tantangan ketika bertransisi ke model bisnis online atau berpartisipasi dalam marketplace. Berikut adalah beberapa tantangan yang dihadapi para pedagang kaki lima dan solusi yang dapat membantu mereka belajar dan sukses di dunia online. Program pelatihan ini bertujuan untuk membantu para pedagang kecil dalam mengembangkan toko online mereka dengan memberikan instruksi tentang berbagai mode teknis, termasuk menawarkan barang, diskon, meningkatkan iklan, dan memanfaatkan platform e-commerce dan alat pendukung seperti internet, smartphone,dan video. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dalam berjualan secara online dan beradaptasi dengan basis teknologi e-commerce, dengan menggunakan metode Mentoring dan Coaching masalah mitra dapat diketahui dan dipecahkan solusinya, hasil yang di dapat adalah pedagang dapat membuat iklan dan berjualan pada marketplace dan mendapatkan penjualan yang lebih banyak dengan mengidentifikasi target pasar di social media.
Full Text:
PDFReferences
Aditya Nirwana, Sudarmiatin, & Melany. (2023). Implementation of Artificial Intelligence in Digital Marketing Development: a Thematic Review and Practical Exploration. Jurnal Manajemen Bisnis, Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 85–112. https://doi.org/10.55927/jambak.v2i1.4034
Fadli Syahputra, Muhammad Zainal Abidin, Kamal Fachrurrozi, Sry Rasyiidu Tebe, & Sarfia Fonna. (2022). Dampak Pandemi COVID-19 pada Usaha Kerajinan Aceh Souvenir Kupula Indah di Kabupaten Pidie. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 6(2), 63–77. https://doi.org/10.33059/jensi.v6i2.6545
Sabarrudin, Silvianetri, Y. N. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Sihotang, D. R., & Nugroho, F. (2021). Peningkatan Pembangunan Sosial Melalui Optimalisasi Program Kampung Tematik Kampung Purun , Kalimantan Selatan. Jurnal Pembangunan Manusia, 2(1). https://doi.org/10.7454/jpm.v2i1.1017
Silitonga, S. (2020). Kebijakan Keuangan Negara dalam Perekonomian Nasional dan Daerah Pada Masa Pandemi COVID-19. In Problematika Ekonomi Dan Pandemi Covid-19. https://www.academia.edu/download/65282326/Anas_Iswanto_dkk_Problematika_Ekonomi_Covid_19_Bunga_Rampai_25_Tahun_Program_DIE_2020.pdf#page=76
Skalanews. (2019). Kemkominfo: Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Capai 78 Persen. Www.kominfo.go.id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/16770/kemkominfo-pertumbuhan-e-commerce-indonesiacapai-78-persen/0/sorotan_media
Sudirga, R. S. (2017). Faktor – Faktor Yang Menentukan Peningkatan Bisnis Ritel Di Indonesia. Journal of Business & Applied Management, 10(02), 138–150. https://doi.org/10.30813/jbam.v10i02.933
Syahreza, A., & Holiza, N. E. (2023). Karakter Mahasiswa Wirausaha Di Era Digital Marketing: Literature Review. Jurnal Lentera Bisnis, 12(3), 841. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i3.958
Utamanyu, R. A., & Darmastuti, R. (2022). Budaya Belanja Online Generasi Z Dan Generasi Milenial Di Jawa Tengah (Studi Kasus Produk Kecantikan di Online Shop Beauty by ASAME). Scriptura, 12(1), 58–71. https://doi.org/10.9744/scriptura.12.1.58-71
Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). Digital Marketing Antara Pemahaman Teoritis Dan Pandaun Praktis. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 2).
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2675
Article Metrics
Abstract Views : 27 | PDF Views : 44Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis