PKM Penguatan Peran Pendidikan Dalam Ekonomi Kreatif Era Revolusi Industri 4.0: Dukungan Dan Risiko Dari Pemerintah Dan Swasta



Hari Muharam(1), Sumardi Sumardi(2), Evi Fitriyanti(3*), Fitria Iswari(4), Fenti Mariska(5), Galuh Raga Paksi(6), Ahirudin Ahirudin(7),

(1) Universitas Pakuan Bogor
(2) Universitas Pakuan Bogor
(3) 
(4) 
(5) 
(6) 
(7) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perubahan landscape ekonomi yang dipacu oleh Revolusi Industri 4.0 mendorong peran pendidikan sebagai ujung tombak persiapan peserta didik untuk berkontribusi dalam ekonomi kreatif yang berkembang pesat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMPN 2 Maja, Lebak, Banten, dilakukan dengan tujuan memperkuat peran pendidikan, khususnya para guru, sebagai fasilitator kreativitas dan inovasi. Metode pelaksanaan PKM mengadopsi pendekatan partisipatif aktif dengan fokus pada identifikasi permasalahan dan solusi melalui pendampingan dan penguatan. Evaluasi kegiatan mengungkap hasil yang positif, dengan tingkat keterpahaman mitra sebesar 80%, kemampuan penyampaian materi tim PKM sebesar 79%, dan kontribusi positif sebesar 75%. Sehingga dapat disampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan kontribusi positif dalam mengatasi tantangan pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. dan rekomendasi mencakup perluasan integrasi kurikulum dengan kebutuhan ekonomi kreatif lokal dan peningkatan dukungan pemerintah serta sektor swasta.

Full Text:

PDF

References


Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742-31748. Doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12182. Bawa, I. D. G. A. R., & Indradi, W. (2023). Edukasi Entrepreneur Kreatif, Inovatif dan Terampil pada Siswa SMPN 1 Kuta Badung. Journal of Social Work and Empowerment, 2(2), 105-112. Doi: https://doi.org/10.58982/jswe.v2i2.293. Djuwendah, E., Wulandari, E., & Rachmawati, E. (2019). Penyuluhan Industri Kreatif Dan Homestay Di Desa Wisata Pakualam Kecamatan Darmaraja Sumedang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 8(2), 87-91. Tersedia di: http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/20038. Malaikosa, Y. M. L. (2021). Penguatan life skills peserta didik dengan pendekatan ekonomi kreatif. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 300-312.Doi: https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i2.24215. Mulyati, S. (2022). Analisis Peran dan Peluang Technopreneurship di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan. Journal on Education, 4(4), 1911-1919. Doi: https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.2832. Musta’in, M. M., Muafiqie, M. S. D. H., Karman, M. S. A., & Kalsum, M. U. (2022). Ekonomi Kreatif Berbasis Digital dan Kemandirian Masyarakat Era Society 5.0. Jawa Timur: Penerbit Global Aksara Pers. Rahayu, N. (2022, July). Peran Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional 2022-NBM Arts. Tersedia di: https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7026. Rohman, N., & Hendra, S. H. (2023). Peran Pendidikan Dalam Pengembangan Keterampilan Abad Ke-21: Tinjauan Literatur Tentang Kurikulum Dan Metode Pengajaran. ABDAU: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 133-149. Tersedia di: https://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/abdau/article/view/267. T Kurniawan, D. B., Sulistiowati, A. D., & Endangsih, T. (2021). Perancangan Creaative Center Dengan Penerapan Arsitektur Kontemporer Di Ciputat, Tangerang Selatan.. MAESTRO, 4(2), 85-92. Tersedia di: https://jom.ft.budiluhur.ac.id/index.php/maestro/article/view/474. Wulan, D. P. A., & Arifudin, A. (2020, October). The Role of Schools to Improve Entrepreneur Spirit in Kumbe Village, Papua. In 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020) (pp. 456-458). Atlantis Press. Doi: https://doi.org/10.2991/assehr.k.201014.099.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2658

Article Metrics

Abstract Views : 37 | PDF Views : 26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter