Peran Pendidikan Ekonomi Kreatif Berbasis Revolusi Industri 4.0 serta Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Akses Pendidikan



Hari muharam(1), sumardi sumardi(2*), Dedy Yusuf Aditya(3), Ari Irawan(4), Chatarina Febriyanti(5), Gita Kencanawaty(6),

(1) Universitas Pakuan Bogor
(2) Universitas Pakuan Bogor
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Indraprasta PGRI
(6) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan keterlibatan langsung Tim PKM ke lapangan di Desa Padasuka, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak. Langkah-langkah terfokus pada interaksi langsung dengan masyarakat, melibatkan identifikasi masalah lokal, perencanaan kegiatan, pengembangan solusi, pengorganisasian tim dan sumber daya, pelatihan, implementasi di lapangan, evaluasi, dan difusi hasil. Hasil kegiatan Bakti Sosial dan Dialog dengan warga Kampung Pasir Ipis menunjukkan partisipasi masyarakat dalam mendiskusikan permasalahan mushola. Tim memberikan bantuan berupa karpet masjid dan sajadah sebagai solusi. Selanjutnya, kegiatan seminar dan diskusi dengan guru SMP Negeri 2 Maja membahas peran pendidikan dalam ekonomi kreatif berbasis Revolusi Industri 4.0. Evaluasi menunjukkan persepsi positif terhadap kualitas materi, pemateri, dan manfaat kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat setempat dan menginspirasi kegiatan serupa di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


Andi Trianto. (2015). Evaluasi implementasi Pelaksanaan Program Pendidikan Ekonomi Kreatif di SD se Daerah Istimewa Yogyakarta. UNY.

Asmah. (2019). Optimalisasi ekonomi kreatif melalui penerapan e-commerce upaya mewujudkan ekonomi kerakyatan pada revolusi industri 4.0. Jurisprudentie, 6(1), 26–39.

Budi, B. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan pada Sekolah Dasar yang Efektif. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 42–59. http://www.academia.edu/download/57041716/235000-manajemen-pembiayaan-pendidikan-pada-sek-ff723531.pdf

Dagmar Vasela. (2010). Knowledge-based Economy vs Creative Economy. Procedia Social and Behavioral Sciences. Elseiver Ltd.

Fauzi, A. (2020). Analisis Biaya Mutu dalam Meningkatkan Daya Saing Pendidikan. Jumpa: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 51–62.

Hendrian, S., Himawan, I., Aditya, D. Y., & Artikel, S. (2022). Kapas : Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat Penerapan Bahasa Pemrograman Web Sebagai Peningkatan Pengetahuan Teknologi Informasi Abstrak teknologi , khususnya dalam dunia pendidikan . Media Website ini sangat banyak sekali digunakan di Teknologi Inform. 1(2), 72–79.

Karamoy, H., Tirayoh, V., & Morasa, J. (2022). Ekonomi kreatif menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM di Kelurahan Sarongsong 1 Kec. Aimadidi Kabupaten Minahasa Utara. VIVABIO: Jurnal …, 4, 113–119. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/vivabio/article/view/43567

Lukman Hakim. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Edutech, 2(1), 53–64.

Pambudi, R. D. (2021). Equilibria pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. Equilibria Pendidilan, 6(2), 57–64.

Yudhanti, R. (2013). Kebijakan Hukum Pemenuhan Hak Konstitusional Warga atas Pendidikan Dasar. Pandecta: Research Law Journal, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2657

Article Metrics

Abstract Views : 42 | PDF Views : 26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter