Pengabdian Kepada Masyarakat Kelompok Guru Madrasah Aliyah Jammiyah Islamiyah Terkait Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Pada Tingkat SMA



Deni Deni(1*),

(1) universitas indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru Madrasah Aliyah Jamiyyah Islamiyyah Pondok Aren sudah tentu mengikuti perkembangkan teknologi yang menuntut profesional profesinya. Kondisi perkembangan riset dan teknologi pada 4.0 menuntut Masyarakat untuk melakukan riset dan mengembangkan IPTEK, tetapi hal tersebut masih tergolong minim dalam hal motivasi dan minat hal ini mengakibatkan kurangnya karya tulis ilmiah yang dibuat oleh Guru. Oleh karena itu guru perlu peningkatkan kompetensi karya tulis ilmiah di sekolah. Karya Tulis Ilmiah merupakan karya tulis yang disusun berdasarkan penekatan dan metode ilmiah yang mengikuti prosedur dan cara seperti mengientifikasi masalah, mengaitkan masalah dengan teori sampai dengan kesimpulan. Metode pelaksanaan terdiri dari kegiatan pendahuluan, persiapan, pelaksanaan serta pelatihan dan kegiatan evaluasi meliputi materi pelatihan dan alokasi waktu. Hasil dari kegitan bahwa guru-guru di semua indikator kemampuan karya tulis ilmiah semuanya mendapatkan hasil rata-rata 3,5 dari 4, sehingga dengan hasil tersebut dapat dipastikan guru-guru sudah memahami dan bisa mengimplementasikan dengan baik dan benar sesuai kaidah keilmuan karya tulis ilmiah. Kesimpulan dan saran bahwa kegiatan berjalan sesuai waktu dan prosedur kemudian peserta antusias dalam kegiaran pelatihan, perlu peningkatan kembali kompetensi dari penulisan karya tulis ilmiah di lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Lestari S 2018 Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi

Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam 2 94–100

Warsita, Bambang, (2018). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Rineka Cipta.

Lestari, S. (2018). Identifikasi Tumbuhan Paku Sejati (Filicinae)Epifit Di Gunung Pesagi Kabupaten Lampung Barat. Skripsi UIN Raden Intan: Lampung.

Dasilveira, R. (2002). Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya Mycol. Res. 106 1323–30

Razokiona, Sepang, Dotulong, 2016 : 253

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Andi

Djojodibroto, D. (2016). Respirologi (Respiratory Medecine). (J. Suyono & E. Melinda, Eds.) (2nd ed.). Jakarta: EGC.

Annasai, G. G. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pemerintah (Survey pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi)

Siyoto, S. & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2644

Article Metrics

Abstract Views : 38 | PDF Views : 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter