Optimalisasi Potensi Siswa Magang Melalui Pendampingan Budidaya Hidroponik Sederhana Untuk Membangun Entrepreuner Skill



Noor Hujjatusnaini(1*), Mila M(2),

(1) IAIN Palangka Ryaa
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas upaya optimalisasi potensi siswa magang melalui program pendampingan budidaya hidroponik sederhana di SKM Farm dengan fokus pada pengembangan keterampilan berwirausaha. Hidroponik, sebagai teknik pertanian tanpa tanah, menawarkan potensi bisnis yang dapat diterapkan di berbagai lokasi, termasuk lingkungan sekolah. Kendati demikian, minimnya pengenalan hidroponik di sekolah mengakibatkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa.Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas siswa magang dari SMK melalui pendampingan budidaya hidroponik. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasilnya menunjukkan antusiasme siswa dalam mengembangkan budidaya tanaman hidroponik sederhana. Pendampingan tidak hanya memberikan keterampilan praktis, tetapi juga memperkenalkan inovasi dalam memanfaatkan limbah seperti Styrofoam bekas untuk menciptakan sistem hidroponik sederhana. Artikel ini berharap agar pendekatan ini dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum sebagai langkah proaktif untuk mengembangkan keterampilan berwirausaha siswa dan memperluas pemahaman mereka terhadap lingkungan sekolah.

Full Text:

PDF

References


Faizah, M., Nasirudin, M., & Prakasa, B. (2020). Pemanfaatan Pekarangan dengan Metode Tanam Hidroponik dari Botol Bekas. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 34–37

A. Winanto, N. Hujjatusnaini (2022). Pendampingan Penguatan Minat Belajar Melalui Metode Reward Teknik Token Economy Pada Siswa Sekolah Dasar Kelurahan Habaring Hurung. AMMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(06). 640-647.

B. Agriana, N. Hujjatusnaini. (2022) Pendampingan Permainan Playdough dari Tepung Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar di Kelurahan Habaring Hurung. Abdimas Mandiri. Jurnal Pengabdian Masyarakat 2.(1) 60-66.

Hujjatusnaini, N. (2022). Pendampingan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar Memasuki Era Pasca Pandemi di Seruyan Hilir. URGENSI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 1(1)

M. Maradona, N. Hujjatusnaini (2022). Pelatihan Pembuatan Lilin Aroma Terapi Ekstrak Serei Wangi dari Lilin Parafin Melalui Metode Demonstrasi Terbimbing Untuk Meningkatkan Kreativitas Remaja Karang Taruna Kelurahan Habaring Hurung. Societry : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 264-271.

Muhammad Prayoga Hadi Kusuma, Ais Rantauni Setyowati, Helda Wati, Tumini Tumini, Elyami Maulida, Nor Raniah, Amelia Fitriani, Annisa Damayanti, Artani Hasbi, Muhammad Yusuf, Noor Hujjatusnaini. (2020). Minat Belajar dan Respon Orang Tua Terhadap Pendampingan Belajar Pada Masa Covid 19 (Studi Kasus di Kecamatan Pahandut Palangka Raya). Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah 3 (2), 27-40

Nasrulloh, M. F., Putra, I. O., Khotimah, K., & Tamam, M. B. (2021). Peningkatan Keterampilan Siswa MTs Melalui Pelatihan Pembuatan Hidroponik Sederhana dengan Memanfaatkan Botol Air Mineral. Jumat: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Pertanian, 2(1), 42–48.

N. Nisa, N. Hujjatusnaini (2022). Pendampingan Belajar Melalui Metode Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di kelurahan Habaring Hurung. Jurnal Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3 (3). 156-165.

N. Hujjatusnaini, F. Nurohman. PU Khasanah, N. Rahmadiyah. (2022). Pendampingan Hafalan Surah Pendek Santri di Musholla Nur Basyirah Kelurahan Kereng Bengkirai Kota palangka raya. Tifani: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2). 8-13.

Prasetyo, P. & Hujjatusnaini, N. (2022). Pemberdayaan Ibu-ibu PKK di Kelurahan Habaring Hurung untuk Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha Melalui Pelatihan Pembuatan Kurma Tomat. NAULI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1

Roidah, I. S. (2014). Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik. 1(2), 43– 50.

Sumarni N, Rasita W.A., Sesya D.M., 2020. Keterampilan Hidroponik Untuk Perkembangan Sosial-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, Volume 1, No.02. 22-29




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v3i1.2618

Article Metrics

Abstract Views : 25 | PDF Views : 25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter