Pelatihan pembuatan presentasi dan video pembelajaran dengan menggunaka canva di MI Sulamul Huda
imam himawan(1*), Khusnul Khotimah(2), Aminah Aminah(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Media pembelajaran sebagai perantara penyampaian materi pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai materi pembelajaran tertentu dengan efektif. Salah satu dari media pembelajaran yang banyak dipakai saat ini adalah media berbasis visual. Salah satu aplikasi yang menawarkan pembuatan media pembelajaran berbasis visual yang menarik adalah Canva. Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat ini tersedia dalam beberapa versi, yaitu pada versi web, iPhone, dan Android. Di masa seperti sekarang ini, lembaga pendidikan memberikan pelajaran tentang bagaimana mendesain suatu hal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, salah satunya terhadap mitra kami adalah untuk guru di MI Sulamul Huda.
Tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan kepada masyarakat atau lebih tepatnya adalah para guru di MI Sulamul Huda sebagai bentuk praktik terhadap ilmu yang telah diberikan. Pelatihan yang diselenggarakan ini sekiranya dapat membantu guru di MI Sulamul Huda agar mempersiapkan dan memberi pembekalan khususnya penggunaan aplikasi Canva. Program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk menggunakan media Power Point dan Canva sebagai media penyampaian informasi yang inovatif dan meningkatkan soft skill desain pembelajaran. Dengan menggunakan metode eksplorasi terhadap penelitian-penelitian terdahulu maka dapat kita simpulkan bahwa Canva merupakan aplikasi yang bisa membuat desain media pembelajaran visual yang menarik.
hasil pelatihan penggunaan Canva. Salah satunya dengan menciptakan interaksi komunikasi dua arah antara tim pengabdian masyarakat dan peserta. Serta mendampingi mitra untuk menghasilkan hasil kerja desain serta pemahaman proses pengguna aplikasi canva yang lebih bermakna bagi diri peserta guna menambah wawasan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa mitra memahami, antusias dan memiliki kemampuan mendesain visualisasi materi ajar yang akan digunakan.
Full Text:
PDFReferences
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525
Hairum Fellayati. (2021). Apa itu Canva? Pengertian dan Cara Menggunakannya. 11 Oktober. https://blog.rumahweb.com/canva-adalah/
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716
Khoiriyah, B., Darmayanti, R., & Astuti, D. (2022). Design for Development of Canva Application-Based Audio-Visual Teaching Materials on the Thematic Subject “Myself (Me and My New Friends)” Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 4(6), 6287–6295.
Mardikawati, B., & Wahyuni, E. (2023). Utilization of Video-Based Learning Media Using the Canva Application. 9(September), 398–412.
Mudinillah, A., Amrina, A., & Hamid, M. A. (2022). The Utilization of the Canva Application as A Media for Arabic Learning at MTs Negeri Sungai Jambu. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(2), 406–422. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3192
Putri H., R. E., & Wulandari, T. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171–190. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi canva materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Jpp, 1(2), 133–141.
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2609
Article Metrics
Abstract Views : 71 | PDF Views : 35Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis