Pelatihan pembuatan presentasi dan video pembelajaran dengan menggunaka canva di MI Sulamul Huda



imam himawan(1*), Khusnul Khotimah(2), Aminah Aminah(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran sebagai perantara penyampaian materi pembelajaran di berbagai jenjang pendidikan memiliki berbagai jenis yang bisa digunakan sesuai materi pembelajaran tertentu dengan efektif. Salah satu dari media pembelajaran yang banyak dipakai saat ini adalah media berbasis visual. Salah satu aplikasi yang menawarkan pembuatan media pembelajaran berbasis visual yang menarik adalah Canva.  Canva adalah aplikasi desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dengan mudah merancang berbagai  jenis  material  kreatif  secara online.  Mulai  dari  mendesain  kartu  ucapan,  poster,  brosur, infografik,  hingga  presentasi.  Canva  saat  ini  tersedia  dalam  beberapa  versi,  yaitu  pada  versi web, iPhone, dan Android. Di masa seperti sekarang ini, lembaga pendidikan memberikan pelajaran tentang bagaimana mendesain suatu hal untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, salah satunya terhadap mitra kami adalah untuk guru di MI Sulamul Huda.

Tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan kepada masyarakat atau lebih tepatnya adalah para guru di MI Sulamul Huda sebagai bentuk praktik terhadap ilmu yang telah diberikan. Pelatihan yang diselenggarakan ini sekiranya dapat membantu guru di MI Sulamul Huda agar mempersiapkan  dan  memberi  pembekalan khususnya penggunaan aplikasi Canva. Program pemberdayaan masyarakat ini bertujuan untuk menggunakan media Power Point dan Canva sebagai media penyampaian informasi yang inovatif dan meningkatkan soft skill desain pembelajaran. Dengan menggunakan metode eksplorasi terhadap penelitian-penelitian terdahulu maka dapat kita simpulkan bahwa Canva merupakan aplikasi yang bisa membuat desain media pembelajaran visual yang menarik.

hasil pelatihan penggunaan Canva. Salah satunya dengan menciptakan interaksi komunikasi dua arah antara tim pengabdian masyarakat dan peserta. Serta mendampingi mitra untuk menghasilkan hasil kerja desain serta pemahaman proses pengguna aplikasi canva yang lebih bermakna  bagi diri peserta guna menambah wawasan. Hasil yang diperoleh menunjukkan      bahwa mitra memahami, antusias dan memiliki kemampuan mendesain visualisasi materi ajar yang akan digunakan.


Full Text:

PDF

References


Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.525

Hairum Fellayati. (2021). Apa itu Canva? Pengertian dan Cara Menggunakannya. 11 Oktober. https://blog.rumahweb.com/canva-adalah/

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716

Khoiriyah, B., Darmayanti, R., & Astuti, D. (2022). Design for Development of Canva Application-Based Audio-Visual Teaching Materials on the Thematic Subject “Myself (Me and My New Friends)” Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling , 4(6), 6287–6295.

Mardikawati, B., & Wahyuni, E. (2023). Utilization of Video-Based Learning Media Using the Canva Application. 9(September), 398–412.

Mudinillah, A., Amrina, A., & Hamid, M. A. (2022). The Utilization of the Canva Application as A Media for Arabic Learning at MTs Negeri Sungai Jambu. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(2), 406–422. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3192

Putri H., R. E., & Wulandari, T. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Sebagai Media E-Learning Dalam Mencapai Pemahaman Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Common, 4(2), 171–190. https://doi.org/10.34010/common.v4i2.4436

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rukman, V. R., & Samsudin, A. (2022). Pengembangan bahan ajar modul berbasis pendekatan kontekstual berbantuan aplikasi canva materi pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar. Jpp, 1(2), 133–141.

Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2609

Article Metrics

Abstract Views : 71 | PDF Views : 35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter