Psikoedukasi Sebagai Upaya Meningkatkan Work-Life Balance Pada Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Pondok Pesantren Al Achsaniyyah Kudus



Fajar Kawuryan(1), Kholifah Umi Sholihah(2*), Prapti Madyo Ratri(3), Arcivid Chorynia Ruby(4),

(1) Universitas Muria Kudus
(2) Universitas Muria Kudus
(3) Universitas Muria Kudus
(4) Universitas Muria Kudus
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan penanganan khusus karena adanya gangguan perkembangan dan kelainan yang dialami, sehingga membutuhkan pendampingan khusus untuk melatih keberfungsian diri terkait penguasaan kemampuan akademik dan aktivitas hidup sehari-hari. Permasalahan work-life balance menjadi masalah yang biasa dialami para pendamping anak berkebutuhan khusus, termasuk didalamnya pendamping anak berkebutuhan khusus Pondok Pesantren Al Achsaniyyah di Kudus. Berdasarkan masalah tersebut, maka kegiatan pengabdian psikoedukasi diberikan untuk para pendamping anak berkebutuhan khusus di pondok ini dengan tujuan  memberikan pemahaman tentang work-life balance dan cara praktis yang dapat dilakukan untuk mencapai work-life balance. Pengabdian ini melibatkan 19 pendamping ABK. Psikoedukasi dilakukan pada tanggal 20 Desember 2023. Hasil dari kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa peserta menjadi semakin faham tentang work-life balance dan dinamikanya dalam kehidupan, serta menjadi semakin termotivasi untuk menerapkan strategi yang telah diajarkan agar semakin optimal dalam upaya meningkatkan work-life balance.


Full Text:

PDF

References


Agustriyani, F.,Susanto,A.,Suwarni, S., Mukhlis,H.,(2022). Psychoeducational interventions on improving caring behavior for families of people with mental disorders at the public health center of Negara Batin. Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(1),43-46.

Cahyadi, L., & Prastyani, D. (2020). Work life balance, stres kerja dan konflik peran terhadap kepuasan kerja pada wanita pekerja. Jurnal Ekonomi : Journal of Economic, 11(2). https://doi.org/10.47007/jeko.v11i2.3576

Gautam, I., & Jain, S. (2018). A study of work-life balance: challenges and solutions. International Journal of Research in Engineering, IT and Social Sciences, 198-217.

Hooja, H.R., & Sen, C. (2018). Work-life balance : An overview. International Journal of Management and Social Sciences Research (UMSSR), 7(1), 1-6.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. LPSP3 UI.

Muliawati, T., & Frianto, A. (2020). Peran work-life balance dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan milenial: Studi literatur. Ilmu Manajemen, 20(20), 606–620.

Piara, M., Iskandar, A.A., Joliecia, I.P., Harma, M.R.I. (2023). Psikoedukasi sebagai Upaya Meningkatkan Work-Life Balance pada Staf Karyawan di PT ALC Makassar. Jurnal Abdimas Indonesia.3(2), 219-229.

Sahrani, R., & Hastuti, R. (2018). Psikoedukasi siswa mengenai quality of school life. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.2

Vyas, A., & Shrivastava, D. (2017). Factors Affecting Work Life Balance - A Review. Pacific Business Review International, 9(7), 194–200

Wardani. (2014). Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Banten : Universitas Terbuka




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2521

Article Metrics

Abstract Views : 75 | PDF Views : 50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter