Penyuluhan Tentang Managemen Mutu Berbasis Sekolah



Toto Suryadi(1*), Waska Warta(2), Ida Farida Fitriyanti(3),

(1) Universitas Islam Nusantara
(2) Universitas Islam Nusantara
(3) Universitas Islam Nusantara
(*) Corresponding Author

Abstract


Perbaikan kualitas pendidikan di sekolah tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja melainkan memerlukan kontribusi stakeholder dalam upaya memperbaiki kualitasnya. Maka dari itu diperlukan penyuluhan tentang pentingnya penyuluhan tentang managemen mutu berbasis sekolah dengan materi kualitas pembelajaran dan reputasi sekolah. Penyuluhan ini dilaksanakan di SMA Kartika X-1 Jakarta dengan metode penyuluhan yang diharapkan mampu membangun kesadaran kepada seluruh manajemen dan stakholder terkait manajemen mutu berbasis sekolah. Hasil dari pengabdian yang dilakukan bahwa terdapat dampak perubahan kepada stakeholder yang menjadi peserta bahwa manajemen mutu sangat diperlukan karena sangat mempengaruhi kinerja guru dalam mengajar selain itu, peningkatan kualitas mutu memiliki keterkaitan dengan reputasi sekolah sehingga berdampak pada antusiasme peserta untuk mampu berkontribusi terhadap reputasi tersebut.


Full Text:

PDF

References


Asif, M. A. N. F. M., & Fauzi, N. (2016). Membangun Parenting Trust Sebagai Eksistensi Sekolah Unggul Dilingkungan Sekolah Berbasis Masyarakat (Studi: SMA Ulul Albab Taman Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Al-Murabbi, 2(1), 111–130.

Dukalang, K. (2018). Managemen Pendidikan Tinggi Tantangan Dan Permasalahannya Pada Abad Ke 21. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.760

Jalaluddin, J., Ibrahim, I., & Azwir, A. (2016). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 22(2), 192–196. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/7749

Kusumawati, A. (2018). Perilaku Konsumen dan Pemasaran Pendidikan Tinggi. Universitas Brawijaya Press.

Nabila, A. (2022). Konsepsi Manajemen, Manajemen Mutu, Dan Manajemen Mutu Pendidikan. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 56–63.

Rahman, A., Dzunur’aini, R., & Nur’aini, I. (2022). Knowledge management as an effort to develop learning organizations in Islamic educational institutions. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 92–102.

Rahmat, A., & Husain, R. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Zahir Publishing.

Salim, F. P., & Nora, D. (2022). Dampak Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sistem Zonasi (Studi Kasus: Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Dasar di Kecamatan Matur). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(1). https://doi.org/10.24036/nara.v1i1.20

Sardiyanah, S. (2020). Konsep Evaluasi Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i1.199

Sholeh, M. I. (2023). Menghadapi Persaingan Sengit Lembaga Pendidikan: Strategi Diferensiasi dalam Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 192–222.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i3.2477

Article Metrics

Abstract Views : 38 | PDF Views : 28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter