Penggunaan Aplikasi Screen Recording Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT



Ria Asep Sumarni(1*), Fita Widiyatun(2), Siti Ayu Kumala(3), Lin Suciani(4), Febri Rismaningsih(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) Universitas Islam Syekh Yusuf
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan PKM Penggunaan Aplikasi Screen Recording Dalam Pembuatan Media Pernbelajaran Berbasis IT bagi Guru-guru fisika MGMP Kabupaten Karawang pelatihan ini dapat dilaksanakan dengan baik meskipun secara daring. Bahkan guru-gurunya sangat antusias dalam mempraktekan langsung materi yang telah didapatkan. Hal ini dikarenakan ilmu yang mereka sudah didapatkan tidak sia-sia dan langsung dipraktekan di sekolah, Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan sill para guru dan memberikan kesempatan berkreativitas bagi guru. Dengan mengembangkan skill para guru di sekolah tidak hanya bisa mengajar seperti biasa tapi juga bisa membuat siswa lebih tertarik dan tidak membosankan dengan berbagai variasi media pembelajaran dan permainan edukatif. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah workshop. Dari hasil evaluasi akhir, dapat diambil simpulan bahwa peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan mendapatkan pembekalan berupa ilmu komputer yang sangat bermanfaat bagi mereka serta agar lebih banyak lagi kegiatan serupa dengan materi lain untuk meningkatkan skill para guru.


Full Text:

PDF

References


Aryana, S. ., & Ramdhania, A. (2021). Pelatihan “E-Learning From Home” Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Pada Masa Pandemic Covid19. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 64-73. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i1.79

Djafar, S., Novian, D. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Komputer. Jambura Journal Of Informatics. Vol. 3, No. 1.

Margareta, E., & Panjaitan, Y. (2021). Media Pembelajaran Screen Recording dari Powerpoint dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Abdidas, 2(5), 1140-1144.

Mendrofa, I. J., Syah, N., & Putra, R.R. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Teknologi Beton Jurusan Teknik Sipil. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 4, No. 1.

Nahdi, D. S., Rasyid, A., & Cahyaningsih, U. (2020). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 2.

Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Pendidikan MIPA.Vol. 10, No. 1.

Nubatonis, O. E. (2021). Pelatihan pembuatan video pembelajaran dengan aplikasi bandicam dan screencast o-matic. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Sari, L. P., (2019). Efektivitas Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi (Covid)- 19 di Sekolah Dasar. Equivalent. Vol. 1, No. 2.

Sari, R., Khasanah, F. N., & Atika, P. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bentuk Presenter-View-Recorder dan Mentimeter. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3), 265-276.

Septianingrum, S. dkk. (2021). Technology of Holobox Augmented Reality Grebeg Pancasila rite for Mathematics learning in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series. Ser. 1869 012119. Windarsih, C. A.,




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i2.2286

Article Metrics

Abstract Views : 50 | PDF Views : 46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter