PKM Praktikum Virtual Phet Interactive Simulation untuk Siswa SMPIT Daaruttaqwa



Popi Purwanti(1), Sri Mayanty(2*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melihat respon siswa terkait pembelajaran dengan menggunakan praktikum virtual. Hal ini  dilatarbelakangi dari permasalahan mitra diantara lain pada saat pembelajaran yaitu terkait praktikum. Siswa merasa kesulitan dalam menggunakan alat-alat praktikum, siswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang abstrak dan merasa pembelajaran membosankan Praktikum virtual yaitu berupa PhET bisa memudahkan siswa untuk menerima materi yang ingin disampaikan oleh guru. serta praktikum virtual ini mudah diakses dan memberikan kesempatan siswa untuk berkreasi di dalam praktikum-praktikum virtual yang disajikan di phET. Praktikum virtual PhET menjadi pilihan dikarenakan siswa akan mudah memahami materinya, ada simulasi yang memudahkan siswa mengubah variabel satu dengan variabel lainnya. Pelatihan praktikum virtual ini kami berikan kepada siswa-siswa SMPIT Daaruttaqwa Kabupaten Bekasi. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab yang dilakukan secara offline. Hasil akhir kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa-siswa SMPIT Daaruttaqwa merasa senang, antusias dan termotivasi untuk menggunakan praktikum virtual pada saat pembelajaran di kelas.


Full Text:

PDF

References


Astalini, Darmaji, Riantoni, C., & Susanti, N. (2019). Penggunaan PhET Interactive Simulations dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 71-75.

Ayunda, U. S. (2023). Desain Pembelajaran IPA Asyik dan Menyenangkan. Bantul: Ananda Vidya.

Bogar, D. Y., Jufriansyah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Buletin Edukasi Indonesia, 102-112.

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh Penerapan Laboratorium Virtual PhEt terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Pada Materi Gerak Lurus. Orbita, 271-277.

Fauzia, D. S. (2021). Penerapan Phet Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII SMPS PTPN IV Bukit Lima Secara Daring. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 133-141.

Mirdayanti, R., & Murni. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi. Visipena, 323-330.

Pertiwi, Y., & Ferdian, R. (2022). Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Aplikasi Phet Simulation. Abdimas Universal, 34-39.

Rahel Rehuella Marpaung, N. R. (2021). Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Simulation Sebagai Solusi Praktikum Waktu Paruh. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 110-118.

Suja, I. w. (2020). Ketrampilan Proses Sains dan Instrumen Pengukurannya. Depok: RajaGrafindo Persada.

Theasy, Y., Bustan, A., & Nawir, M. (2021). Penggunaan Media Laboratorium Virtual PhET Simulation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Mahasiswa pada Mata Kuliah Eksperimen Fisika Sekolah. Variabel, 39-45.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i2.2194

Article Metrics

Abstract Views : 37 | PDF Views : 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter