Pemanfaatan Penggunaan Media Sosial Facebook Untuk Affiliate Shopee
Mercy Hermawati(1*), Dian Nur Sholihaningtias(2), Ade Kurnia Solihin(3),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Ibu-ibu warga RT 10/02 Tanjung Barat Jagakarsa yang memiliki pekerjaan sebagai pedagang atau wiraswasta, setelah tim PkM melakukan observasi dan wawancara langsung ke lokasi ternyata mereka melakukan perdagangan konvensional dan belum memanfaatkan internet sebagai media pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan peningkatan kemampuan ibu-ibu warga RT 10/02 Tanjung Barat yang melakukan kegiatan perdagangan dengan memasarkan produk melalui internet sehingga dapat memasarkan atau mempromosikan produk melalui internet. Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling umum banyak digunakan oleh para peserta sehingga dipilih oleh tim sebagai salah satu alat promosi online untuk media promosi dan membuat akun Shopee untuk menjadi affiliate Shopee. Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini, para peserta PkM mendapat peningkatan kemampuan dalam melakukan promosi online di nilai dari mereka berhasil mengikuti langkah-langkah dalam pemasaran online. Para peserta pkm berhasil memasarkan atau mempromosikan berbagai macam produk-produk Shopee melalui media sosialnya yakni Facebook.
Full Text:
PDFReferences
Chiranthan, C. V., Krishna Prasad, M., & Shreyas, R. Y. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617
Erifiyanti, R., Rifa, S., Pane, N., Trijayanti, A., & Simanjuntak, K. F. (2023). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Pembeli. Rizky Efirianti) Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 214(4), 2986–6340. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7952615
Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu Pkk. Jurnal PkM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 602–609. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8844
Mulyantomo, E., Sulistyawati, A. I., & Triyani, D. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Affiliate Marketing dan Industri E-Commerce sebagai Peluang Bisnis Bagi Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Dukuh Agung Tikung Lamongan. Communnity Development Journal, 4(4), 7542–7547.
Nicole Jolie Susanto. (2022). Pengaruh Sosial Media Affiliate Marketing Terhadap Willingness To Buy Pada Marketplace Shopee Dengan Subjective Norm Sebagai Variabel Moderasi.
Oktalyra, R., Dwi, C., & Ananda, K. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Promosi Usaha Atau Bisnis Bagi Remaja Di Daerah Cikokol Tangerang. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.34306/adimas.v1i2.432
Priatama, R., Ramadhan, I. H., Zuhaida, A.-, Akalili, A., & Kulau, F. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60.
Puspitasari, R. (2020). The Influence of E-Commerce Affiliate Marketing on Social Media Against Student Purchase Interest. International Journal Administration Business and Organization, 4(2), 1–6.
Ramadhani, N., Efni Salam, N., & Eldapi Yozani, R. (2023). Pemanfaatan Konten Tiktok Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Shoppe Affiliate Pada Akun Tiktok “Indisyindi.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 235–261. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7591
Somariah Fitriani, H. P. I. (2021). Mengembangkan Keterampilan Kewirausahaan PesertaDidik Melalui Bisnis Daring dan Pelatihan Pemasaran Digital. Abdimas, 25(1), 42–47. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/24585/12369
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i2.2158
Article Metrics
Abstract Views : 118 | PDF Views : 149Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis