Pemberdayaan Pemuda Gereja Melalui Pelatihan Pertanian Hortikultura di Wanasa Desa Tehoru Kabupaten Maluku Tengah



Yulianus Dominggus Komul(1*), Frenly Marvi Selanno(2), Febian Filiph Tetelay(3),

(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
(*) Corresponding Author

Abstract


Wanasa merupakan bagian dari Rukun Tetangga (RT) Desa Tehoru yang terletak di Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Tanaman pangan jenis hortikultura dinilai sangat menjanjikan untuk dibudidayakan di Wanasa, tanah yang subur dan kondisi topografi serta cuaca dan iklim yang cocok untuk dikembangkan dan tentunya dapat memberikan manfaat dan kontribusi bagi masyarakat. Di balik peluang tersebut, sebenarnya masih ada kekurangan. Kebudayaan suatu masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada alam tanpa harus berusaha berproduksi. Kendala lain yang dialami adalah sumber daya manusia dan alat pendukung yang belum dimiliki oleh seluruh masyarakat Wanasa terutama para pemuda sehingga menyebabkan Wanasa masih dalam keadaan tertinggal jauh dari kemajuan dan kesejahteraan. Pengabdian Kepada Masyarakat dengan topik “Sosialisasi dan “Pelatihan Menanam Hortikultura” dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober - 23 Tahun 2022 bagi masyarakat Wanasa khususnya pemuda yang diharapkan dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang bercocok tanam di lahan milik keluarga atau kelompok dengan sistematika teknik dan tahapan yang dalam waktu singkat dapat menghasilkan hasil panen yang melimpah dan berkualitas tentunya kebutuhan pokok sembako dapat terpenuhi, selanjutnya dapat digunakan untuk meningkatkan perekonomian keluarga melalui usaha yang berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Antara. M. 2004. Pengembangan Usaha Hortikultura Petani Kecil. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Udayana, Denpasar-Bali.

Hadi P. U. et al. 2000. Review dan Outlook Pengembangan Komoditas Hortikultura. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.

Himpunan Mahasiswa Agrotek, 2020. Buku Saku Budidaya Tanaman Horltikultura. Himpunan Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi..

Irawan B. 2003. Agribisnis Hortikultura: Peluang Dan Tantangan Dalam Era Perdagangan Bebas. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. https://ojs.unud.ac.id/index.php/soca/article/view/4029 Vol. 3, No. 2 Juli 2003.

Irawan. M, R, N. 2020. Strategi Pengembangan Potensi Desa Dengan Penerapan Sistem Hidroponik Pada Tanaman Hortikultura Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Masyarakat Di Desa Kawistolegi Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Jurnal Karya Abdi Vol. 4. Nomor. 3. 2020.

Irawati. N, Asriyana. 2020, Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pesisir Melalui Budi Daya Rumput Laut Metode Vertikultur di Kawasan Perdesaan Tumbuh Lestari Desa Rambu-rambu Kabupaten Konawe Selatan. Jurnal Ilmu Pengabdian Kepada Masyarakat. Agrokreatif. https://doi.org/10.29244/agrokreatif.6.3.239-248.. Vol. 6. No.3. November 2020.

Ismail. K, Rifa’i M. N, Afifah S, Rusmiati, Afas, M. H. 2021. Hortikultura: Solusi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pedesaan. Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, Wahana Dedikasi. Vol. 4. No. 1.

Komul. Y. D, dkk, 2023. Peningkatan Ekonomi Masyarakat Berbasis KeluargaMelalui Budidaya Hortikultura di Kecamatan Tehoru Kabupaten Maluku Tengah. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/maanu/article/view/8767

Mustika, S. (2019, Desember, 26). Tanaman Hortikultura Dan Cara Budidaya Tanaman Hortikultura. Penyuluh Pertanian Madya Dinas TPH Sulteng. Http://Cybex.Pertanian.Go.Id/Mobile/Artikel/89600/Tanaman-Hortikultura-Dan-Cara-Budidaya-Tanaman-Hortikultura/

Rahman. M. R, dkk. 2021. Budidaya Tanaman Hortikultura Menggunakan Metode Vertikultur dan Vertical Garden Sebagai Alternatif Usaha Pemanfaatan Lahan Masyarakat Kelurahan Sekarteja. Jurnal Pengabdian Magister Pandidikan IPA. Universitas Mataram. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.690, Vol.6, No.2, pp. 114-119. Mar. 2021.

Saptana et al. 2001, Analisis Keunggulan Kompetitif Komoditas Unggulan Hortikultura. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i2.2032

Article Metrics

Abstract Views : 102 | PDF Views : 107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter