PKM Pelatihan Pembuatan Tes Formatif Menggunakan Aplikasi Wordwall Di SDN Menteng Atas 01 Jakarta



vickry ramdhan(1*), Randi Ramliyana(2),

(1) Unindra
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam konteks pendidikan, evaluasi formatif merupakan salah satu aspek penting dalam proses pembelajaran. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat tes formatif yang menarik dan interaktif adalah Wordwall. Wordwall adalah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai macam alat dan template untuk membuat berbagai jenis aktivitas interaktif, termasuk tes formatif. Aplikasi ini memungkinkan guru untuk membuat tes formatif dengan mudah tanpa perlu keterampilan teknis yang mendalam. Masalah penelitian ini adalah Apakah penggunaan aplikasi Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses evaluasi formatif? Selain itu tujuan dari penelitian ini untuk mempelajari efektivitas penggunaan aplikasi Wordwall dalam pembuatan tes formatif dan Mengukur peningkatan keterampilan dan pemahaman peserta dalam pembuatan tes formatif setelah mengikuti pelatihan menggunakan aplikasi Wordwall. Pelatihan ini akan menggunakan metode kombinasi antara presentasi, demonstrasi, dan praktik langsung. Peserta akan diberikan penjelasan mengenai materi pelatihan melalui presentasi, diikuti dengan demonstrasi langkah-langkah praktis dalam menggunakan aplikasi Wordwall. Setelah itu, peserta akan memiliki kesempatan untuk mencoba sendiri membuat tes formatif menggunakan Wordwall dengan bimbingan dari fasilitator pelatihan. Selain itu, sesi diskusi dan kolaborasi akan diadakan untuk memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman antara peserta.


Full Text:

PDF

References


Agarwal, P., & Johnson, E. B. (2018). Synchronous and asynchronous quizzes: Comparing student perceptions and achievement in an online undergraduate course. Journal of Educational Technology Systems, 47(3), 401-415.

Ani Cahyadi, M. P. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang. Laksita Indonesia.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Idzi’ Layyinnati. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah 12 Palirangan. Jurnal Annaba STIT Muhammadiyah Paciran. Vol. 7 No. 1.

Kumar, R. (2019). Research methodology: A step-by-step guide for beginners (5th ed.). Sage Publications.

Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. ASCD.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5), 2854 – 2860.

Wordwall. (n.d.). [Official Website]. Retrieved from https://wordwall.net/

Wikipedia. (2013, April 6). SaaS. Retrieved October 06, 2022, from Wikipedia: id.wikipedia.org/wiki/SaaS.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1895

Article Metrics

Abstract Views : 130 | PDF Views : 139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter