Penggunaan Microsoft Excel Pada Pembuatan Rapor Di Taman Kanak-kanak
Dwi Marlina(1*), Alusyanti Primawati(2), Za’imatun Niswati(3), Tuti Handayani(4),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tenaga pendidik (guru) di taman Kanak-kanak mengikuti perkembangan teknologi, namun masih ada yang hanya memanfaatkan kemajuan teknologi masih berfokus pada social media seperti sekedar mencari hiburan seperti bermain facebook, twitter, instagram atau hal-hal yang dapat menghibur mereka. Manfaat teknologi untuk membantu tugas kesehariannya belum sepenuhnya tenaga pendidik terapkan. Seperti halnya ketika mereka dalam membuat rapor semester peserta didik. Mereka masih menggunakan tulisan secara manual. Hal ini mengakibatkan tidak efisiennya waktu bagi para tenaga pendidik untuk administrasi nilai dan pembuatan rapor peserta didik taman kanak-kanak. Oleh karena itu, kami ingin membantu para tenaga pendidik untuk lebih efisien waktunya dengan menggunakan Microsoft Excel dalam membuat rekap raport peserta didik. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dalam penggunaan teknologi untuk membantu dan mendorong dalam meningkatkan potensi para tenaga pendidik dan meningkatkan kualitas tenaga pendidik sekolah taman kanak-kanak dalam teknologi komputer. Kegiatan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan membuat rapor taman kanak-kanak menggunakan Microsoft Excel. Hasil dari kegiatan ini adalah tenaga pendidik memperoleh pengetahuan dari ketrampilan membuat rapor dan merekap nilai peserta didiknya dengan aplikasi Microsoft Excel.
Full Text:
PDFReferences
Ashadi, F. (2016). Pengembangan Sumberdaya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 4, 717–728. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3718
Astuti, I. Y. (2021). Kompetensi TIK (Teknologi Informasi Dan Komunikasi) Guru Untuk Mendukung Kegiatan Pembelajaran Di TK Se-Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Thesis, 1–318. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
Chodzirin, M. (2016). Pemanfaatan Information and Communication Technology bagi Pengembangan Guru Madrasah Sub Urban. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 16(2), 309. https://doi.org/10.21580/dms.2016.162.1095
Febrialismanto, H. N. (2019). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101–111.
Hardianto, D. (2008). Pemanfaatan Software Komputer Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(2), 1–12.
Lestariningsih, E. D., Wijayatiningsih, T. D., Pramudibyo, H., Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Komputer dalam Peningkatan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri 01 Kembangarum Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 1(2), 125. https://doi.org/10.26714/jsm.1.2.2019.125-131
Marlina, D., Primawati, A., & Informatika, S. T. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Interaktif Konsep Bilangan Tingkat Kanak-Kanak Berbasis Power Point. PEMANAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasional, 2(2), 103–110.
Sanusi, W., & Abdy, M. (2019). Peningkatan keterampilan membuat raport K13 bagi guru TK/PAUD Tamalanrea Makassar menggunakan Microsoft Word. Seminar Nasional Pengabdian Kepada …, 127–129. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/10917
Winarti, T., Pungkasanti, P. T., & Pramono, B. A. (2022). Pemanfaatan Microsoft Excel untuk Pembuatan Rapor bagi Guru PAUD di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(1), 29–32. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4298
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1828
Article Metrics
Abstract Views : 138 | PDF Views : 166Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis