Peningkatan Pembelajaran Fisika Melalui Motivasi Dan Pengembangan Modul Berbasis Soal Hots (Higher Order Thinking Skills)



Siti Ayu Kumala(1*), Sri Endang Wahyuni(2), Amelina Amelina(3), Puji Suharmanto(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) 
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan berkualitas dapat ditempuh melalui  tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi karena semakin tinggi tingkat pendidikannya maka wawasan akan ilmu pengetahuan semakin luas serta dapat menerapkan teknologi. Salah satu usaha mewujudkan pendidikan berkualitas yaitu dengan menanamkan minat melanjutkan studi ke jenjang  perguruan tinggi kepada siswa. Namun terlebih dahulu, siswa harus melewati tahap Ujian Sekolah (US) dan SNPMB. Soal-soal ujian yang dirasa kian sulit oleh siswa karena sudah diwajibkan berstandar HOTS (Higher Order Thinking Skill) meyebabkan siswa kurang tertarik untuk belajar keras menghadapi US dan SNPMB, terutama mata pelajaran Fisika. Usaha yang sebaiknya dilakukan guru dan orang tua untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan memberikan motivasi dan pendalaman materi, selain itu juga memberikan informasi terkait perguruan tinggi dan persiapan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu, Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat berupa Motivasi dan sosialisasi pengembangan  modul fisika berbasis soal HOTS yang dapat membantu guru dan siswa dalam persiapan menghadapi US dan SNPMB. Dalam kegiatan ini kami juga memberikan motivasi dan trik dalam menyelesaikan soal-soal fisika kepada guru dan siswa kelas XII SMAN 26 Jakarta. Dengan adanya modul fisika siswa lebih mudah dalam belajar mandiri baik di rumah maupun di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Diah Puspitasari, A. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Doddy. (2023, January 11). Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 Resmi Dibuka. Https://Dikti.Kemdikbud.Go.Id/Kabar-Dikti/Kabar/Seleksi-Nasional-Penerimaan-Mahasiswa-Baru-Tahun-2023-Resmi-Dibuka/.

Dwitiyanti, N., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2020). Using the ADDIE model in development of physics unit convertion application based on Android as learning media. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v10i2.5933

Fanani, M. Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. EDueena, 2(1), 58–76.

Iskandar, D., & Senam. (2015). Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY dalam Mengembangkan UAS Berbasis HOTS. In Jurnal Inovasi Pendidikan IPA (Vol. 1, Issue 1).

Lasmiyati. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

Dewangga, N. S., & Sunarti, T. (2022). Analisis Soal Fisika Berbasis High Order Thinking. PENDIPA Journal of Science Education, 6 (2), 573-579.

Ramos, J. L., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research , issue 4 hal 48-60.

Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi . CORE, Volume VI, Nomor 2, Juli - Desember 2017 hal 316-335.

Wati, R. W., Lesmono, A. D., & Prastowo, S. H. (2019). Pengembangan Modul Fisika Interaktif Berbasis Hots (High Order Thinking Skill) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 8 No. 3, September 2019, hal 202-207.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1820

Article Metrics

Abstract Views : 199 | PDF Views : 201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter