PKM Pelatihan Pembuatan Sertifikat menggunakan Canva pada TKQ Al Falah Depok
Yuni Wibawanti(1*), Fanisya Alva Mustika(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Perkembangan teknologi informasi berlangsung sangat cepat, dimana semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh penggunaan teknologi tersebut. Saat ini, masih banyak didapati guru-guru yang belum menguasai penggunaan teknologi untuk mendukung kegiatannya sebagai seorang pendidik. Untuk itu, dipandang perlu membantu para guru meningkatkan keahlian dan ketrampilan dalam menggunakan teknologi informasi berbasis komputer. Tujuan kegiatan abdimas yang dilakukan adalah memberikan pelatihan membuat sertifikat dengan menggunakan aplikasi Canva. Metode yang digunakan pada kegiatan ini dengan ceramah dan praktek langsung serta menyediakan modul untuk pelatihan. Dengan adanya kegiatan pelatihan membuat sertifikat menggunakan aplikasi Canva, membantu guru di lingkungan TKQ Al Falah memanfaatkan teknologi dalam membuat sertifikat secara mudah.
Full Text:
PDFReferences
Arifin, A. N., Ismail, Daud, F., & Azis, A. (2021). Pelatihan aplikasi canva sebagai strategi untuk meningkatkan technological knowledge guru sekolah menengah di kabupaten Gowa. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat 2021 “Penguatan Riset, Inovasi Dan Kreatifitas Penelitian Di Era Pandemi Covid-19,” 5, 468–472.
Desniarti, Zulfitri, Ahda, H., & Khayroiyah, S. (2022). Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran bagi Guru SD Swasta IT Darussalam. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Rakyat, 1, 57–65.
Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience, 9(2), 388–394. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038
Hayati, R., & Sari, D. N. (2022). Pkm pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran daring untuk anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 382–384.
Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98. https://doi.org/10.30872/plakat.v3i1.5849
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Masfufah, R. A., Muyasyaroh, L. K., Maharani, D., Saputra, T. D., Astrianto, F., & Dayu, D. P. K. (2022). Media Pembelajaran Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka. 2(November), 347–352.
Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan Iptek Bagi Guru Di Era Revolusi 4.0. Seminar Nasinal Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 443–448.
Supradaka. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Perancangan Grafis melejit dengan membukukan rekor Salah satu pemasukan terbesarnya datang dari pengguna premium yang berjumlah sebanyak. Ikraith-Teknologi, 6(74), 62–68.
Tiawan, Musawarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat Smk Di Smkn 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Fordicate, 1(2), 192–199. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1772
Article Metrics
Abstract Views : 151 | PDF Views : 285Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis