Pemulihan Lingkungan Sekolah Pada Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Punggur Kecil



Aunurrahman Aunurrahman(1*), Sahrawi Sahrawi(2), Maliqul Hafis(3), Finny Anita(4), Citra Kusumaningsih(5), Desi Sri Astuti(6), Dian Shinta Sari(7), Dedi Irwan(8), Muhammad Iqbal Ripo Putra(9), Ageung Darajat(10), Tri Kurniawati(11), Elly Syahadati(12), Diah Astriyanti(13), Abdul Arif(14), Rahayu Meliasari(15),

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(3) IKIP PGRI Pontianak
(4) IKIP PGRI Pontianak
(5) IKIP PGRI Pontianak
(6) IKIP PGRI Pontianak
(7) IKIP PGRI Pontianak
(8) IKIP PGRI Pontianak
(9) IKIP PGRI Pontianak
(10) IKIP PGRI Pontianak
(11) IKIP PGRI Pontianak
(12) IKIP PGRI Pontianak
(13) IKIP PGRI Pontianak
(14) IKIP PGRI Pontianak
(15) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu sekolah menghadapi masa transisi pasca pandemi Covid-19 dengan cara membantu mempersiapkan lingkungan yang nyaman untuk siswa dan guru dan membantu mengenalkan pengajaran yang interaktif dan menyenangkan melalui pelajaran Bahasa Inggris yang masih belum menjadi tuntutan di awal Tahun 2022. Tiga sekolah yang disurvei menjadi lokasi program ini, yaitu SDN 07 Sungai Kakap, SDN 20 Sungai Kakap, dan MIS Miftahussalam yang berada di Desa Punggur Kecil, Sungai Kakap, Kubu Raya. Dua kegiatan utama yang dilakukan di program ini adalah gotong royong membersihkan lingkungan sekitar desa dan mengenalkan pembelajaran yang interaktif dan menarik melalui mata pelajaran Bahasa. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dilibatkan untuk membantu memberikan hasil yang optimal. Hasilnya, lingkungan sekolah menjadi bersih dan nyaman untuk siswa dan guru untuk belajar. Selain itu, siswa juga berpartisipasi dalam pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan yang tidak hanya dapat membuat siswa lebih menyukai Bahasa Inggris tetapi juga membantu siswa untuk melihat proses belajar bisa sangat menyenangkan untuk diikuti pada masa transisi pasca pandemic Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(2), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Aunurrahman, Hikmayanti, A., & Yuliana. (2020). Teaching English using a genre pedagogy to Islamic junior high school students. Journal on English as a Foreign Language (JEFL), 10(1), 1–24. https://doi.org/10.23971/jefl.v10i1.1625

Aunurrahman, Kusumaningsih, C., Sahrawi, Hafis, M., & Emilia, E. (2022). A genre pedagogy for teaching young EFL learners of English Village of Parit Baru. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 6(2), 343–360. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v6i2.1136

Bhakti, C. P., Ghiffari, M. A. N., & Salsabil, K. (2019). Joyful learning: Alternative learning models to improving student’s happiness. Jurnal VARIDIKA, 30(2), 30–35. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i2.7572

Burofa. (2013). Tinta Guru » Blog Archive » Skema Pengelolaan Kelas—Membuat Belajar Menjadi Lebih Nyaman. Diambil 29 September 2014, dari Tinta Guru website: http://burofa.blogdetik.com/2013/07/02/skema-pengelolaan-kelas-membuat-belajar-menjadi-lebih-nyaman/

Cahyati, S. S., Parmawati, A., & Atmawidjaja, N. S. (2020). Pendampingan dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran bahasa inggris bagi guru TK dan SD di wilayah Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 3(2), 229–237. https://doi.org/10.22460/as.v3i2p%p.3624

Cahyati, S. S., Rizqiya, R. S., & Fauziah, N. (2022). Penguatan pembelajaran bahasa Inggris ramah anak bagi guru TK dan SD di era kenormalan baru. Abdimas Siliwangi, 5(1), 13–24. https://doi.org/10.22460/as.v5i1.7242

Rizky, S. (2020). Joyful learning in elementary school. International Journal of Theory and Application in Elementary and Secondary School Education, 2, 80–90. https://doi.org/10.31098/ijtaese.v2i2.232

Siregar, R. D. (2021). Penyuluhan kebersihan lingkungan sekalian gotong royong di desa Simatohir kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(2), 37–41. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.450

Tonik, I., Lubis, E., & Hainun, R. (2023). Membangun semangat gotong royong bersama masyarakat di kelurahan Pajar Bulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 112–118.

UNICEF Indonesia. (2022). As children in Indonesia return to school, UNICEF calls for urgent action to address learning crisis. Diambil 6 Maret 2023, dari UNICEF website: https://www.unicef.org/indonesia/press-releases/children-indonesia-return-school-unicef-calls-urgent-action-address-learning-crisis




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v2i1.1744

Article Metrics

Abstract Views : 129 | PDF Views : 100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter