Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe untuk Guru PAUD
Siwi Puji Astuti(1*), Alhidayatuddiniyah T W(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam mensosialisasikan pembuatan media pembelajaran berbasis Videoscribe. Videoscribe merupakan sebuah program aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi video dengan animasi tangan bergerak pada sebuah papan tulis putih (white board). Target pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini, yaitu Guru PAUD Bintang Bangsaku. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan pendampingan serta diskusi. Pelatihan dilakukan dengan cara memperkenalkan dan mensosialisasikan pembuatan pembelajaran dengan memanfaatkan Videoscribe. Diharapkan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Videoscribe dapat meningkatkan minat siswa PAUD dalam belajar serta meningkatkan kemampuan Guru PAUD dalam menyampaikan materi. Luaran dari kegiatan pengabdian masyarakat kepada Guru PAUD berupa modul dan hasil pembelajaran menggunakan Videoscribe sehingga pembelajaran menjadi lebih berseni dan memotivasi siswa untuk lebih senang belajar.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk journal homepage: www.elsevier.com/locate/rsase Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 02(September), 51–57. https://doi.org/https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-#57
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284
Febrianto, A., & Saputra, N. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Inovatif dengan VideoScribe Bagi Guru SDN Malangrejo. Community Empowerment, 6(1), 24–28. https://doi.org/10.31603/ce.3835
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Aplikasi Videoscribe Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. LISANUNA, 9(2), 140–155.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe: Inovasi Pada Perkuliahan Sejarah Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127. https://doi.org/10.31000/prima.v2i2.705
Putra, F., Juniawan, H., & Atzmi, A. U. (2021). Perbedaan Efektifitas Belajar Online dengan Belajar Offline terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Nursing Sciences Journal, 5(2), 111. https://doi.org/10.30737/nsj.v5i2.1960
Salsabila, U., Utami, S., Zahra, A., Haikal, F., & Cahyono, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Online Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.5281/zenodo.4412063
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399
Widiara, I. K. (2020). Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan, 2(December), 50–56.
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1715
Article Metrics
Abstract Views : 155 | PDF Views : 146Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis