PKM Rancangan Aplikasi Penjualan Dan Pembelian Pada Koperasi Cahaya Uma Hasti Berbasis Java Di Depok



sugeng haryono(1), ridhowati ridhowati(2*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah membuat suatu aplikasi untuk mempermudahkan pengolahan data, meningkatan efesiensi kerja pada Koperasi Cahaya Uma Hasti, mengembangkan pengetahuan teknologi terhadap masyarakat dengan cara membiasakan menggunakan sistem komputerisasi dalam kegiatan kerja maupun bisnis agar mempermudah pekerjaan, membangun aplikasi penjualan barang agar dapat digunakan pengguna untuk memudahkan memasukan data transaksi, mempermudah proses pembuatan laporan secara cepat dan efesien sehingga dapat berkembang dengan baik. Metode pendekatan yang dilakukan yaitu dengan Focus Group Discussion (FGD) Adalah suatu proses pengumpulan informasi suatu masalah tertentu yang sangat spesifik melalui diskusi kelompok. Memberikan angket mengenai masalah-masalah di koperasi. Dengan adanya kegiatan ini, kami memperoleh beberapa simpulan sebagai berikut (1)Perancangan aplikasi penjualan dan pembelian ini menggunakan bahasa pemograman java dan penyimpanan data pada MySQL. Aplikasi penjualan dan pembelian ini dapat dioperasikan dengan cara login terlebih dahulu yang caranya sangat mudah, cepat dan aman, setelah itu akan muncul dialog layar yang terkonsep,dalam pengolahan datanya selalu bisa di up-date sampai pada pencetakan laporan penjualan dan pembelian. (2) Uji coba aplikasi penjualan dan pembelian ini masih dalam proses pelatihan. Aplikasi yang kami buat, hanya  sebagai penunjang proses penjualan dan pembelian untuk waktu dan keamanan data yang setidaknya dapat membantu bagian admin toko dalam bekerja yang lebih efesien.


Full Text:

PDF

References


Andrew E. Sikula. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Erlangga.

Arief, Subyantoro, Aryono dan Tacobus, S. (2015). Manajemen Koperasi. Gosyen Publishing.

Fatimah. (2011). Peranan Koperasi Dalam Mendukung Permodalan Usaha Kecil dan Mikro (UKM). Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 127–138.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Penerbit PT Bumi Aksara.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2011). Keterterapan SAK ETAP Untuk Entitas Koperasi dan Entitas Nirlaba. http://www.scribd.com/doc/127494479/BULTEK-6-Keterterapan SAKETAP-Untuk-Entitas-Koperasi-Dan-Entitas-Nirlaba.

Joko S Dwi Raharjo, Rahmat Tullah, dan H. S. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembelian Tiket Bus Online Berbasis Web Pada P.O. Budiman. Sisfotek Global. STMIK Bina Sarana Global, 9(2).

Mohamad Subhan. (2012). Analisa Perancangan Sistem. CV. Andi Offset.

Rusdi Nur dan Sayuti, Arsyad, M. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Deepublish.

Sukmawati, D. S. (2019). Perancangan Sistem Pemesanan E-Tiket Pada Wisata Di Lampung Berbasis Web Mobil. Jurnal Online Mahasiswa Sistem Informasi Dan Akutansi. AMIK Dian Cipta Cendikia, 2(2).

Sutabri. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Andi Offset.

Taufiq, R. (2013). Sistem Informasi Manajemen. Graha Ilmu.

Undang-undang nomor 25. (1992). perkoperasian.

Wasis Gunadi. (2018). Pemberdayaan Koperasi. Journal Ilmiah M-Progres, Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1684

Article Metrics

Abstract Views : 91 | PDF Views : 106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter