Pemanfaatan Canva for Education Sebagai Media Pembelajaran Untuk Pendidikan



Abdu Rahman(1*), Fiqih Ismawan(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini melaporkan perlunya memotivasi guru SMP Ar-Ridha Al Salaam dalam proses pembelajaran dan membuat bahan ajar yang kreatif berbasis aplikasi yang interaktif menggunakan aplikasi Canva for Education. Pembelajaran yang efektif dan menyenangkan menjadi suatu keharusan sebagai bagian dari penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas di sekolah. Pendidikan yang berkualitas menjadi jalan lahirnya sumber daya manusia yang berkualitas, pemanfaatan desain dan teknik pembelajaran secara grafis sangat dibutuhkan dalam menumbuhkan kualitas belajar-mengajar yang dijalankan secara daring. Permasalahan mitra adalah masih terdapat guru yang merasa belum terlalu menguasai teknologi dalam mendukung metode secara efektif dalam proses belajar mengajar terutama pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah agar guru mampu memanfaatkan aplikasi Canva for Education untuk menghasilkan materi pembelajaran yang menarik dan edukatif dalam mendukung proses penyampaian materi. Metode pelaksanaannya yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu dengan tahapan pelatihan dan sosialisasi dengan target peserta pelatihan adalah para guru SMP Ar-Ridha Al Salaam. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan tambahan wawasan dan bekal tentang pemanfaatan media aplikasi Canva for Education pada proses belajar mengajar.

Full Text:

PDF

References


Alazam, A.-O., Bakar, A. R., Hamzah, R., & Asmiran, S. (2012). Teachers’ ICT Skills and ICT Integration in the Classroom: The Case of Vocational and Technical Teachers in Malaysia. Creative Education, 03(08), 70–76. https://doi.org/10.4236/ce.2012.38b016

Churiyah, M., Basuki, A., Filianti, F., Sholikhan, S., & Fikri Akbar, M. (2022). Canva for Education as a Learning Tool for Center of Excellence Vocational School (SMK Pusat Keunggulan) Program to Prepare Competitive Graduates in the Field of Creativity Skills in the Digital Age. International Journal of Social Science Research and Review, 5(3), 226–234. https://doi.org/10.47814/ijssrr.v5i3.228

Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru ekonomi pada SMA Negeri di kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 23. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7267

Homsini Maolida, E., & Salsabila, V. A. (2021). Canva and Screencast-O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.35870/ajad.v1i2.13

Ismawan, F., Irfansyah, P., & Apriyani, D. D. (2019). Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive sebagai Media Pembelajaran untuk Guru SMP dan SMA. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(01), 61. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362

Ismawan, F., Isnain, N., & Raharjo, R. A. (2020). Pemanfaatan website berbasis cms - wordpress sebagai media pembelajaran guru tk binakheir cibinong – bogor, 03(01), 68–77.

Ismawan, F., Prasetya, R., & Setiawan, H. (2021). Pemanfaatan aplikasi macromedia flash dan aplikasi office sebagai media pembelajaran berbasis animasi guru himpaudi, 04(06), 610–620.

Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6.

Rahmatullah, & Inanna. (2017). Identifikasi Nilai-Nilai Ekonomi Sebagai Dasar Merumuskan Materi Pengantar Ilmu Ekonomi Berjatidiri Bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM (pp. 700–704).

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Nurdiana, N. (2019). Ethnopedagogi dalam pembelajaran ekonomi. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 284–288.

Safitri, M. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Peserta didik Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.

Utami, I. W., & Rosyidi, A. H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology dengan Software Macromedia Flash 8 pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 21–29.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1670

Article Metrics

Abstract Views : 242 | PDF Views : 284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter