Pengembangan Kemasan Dan Variasi Rasa Kue Basah Ibu-Ibu PKK Kelurahan Cinere dan Gandul



Nurlaela Nurlaela(1*), tiara tiara(2), Syafa'atun syafa'atun(3), Anita Nurfida(4),

(1) Unindra Jakarta
(2) Unindra jakarta
(3) unindra jakarta
(4) unindra jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi saat ini, masyarakat khususnya para Ibu-ibu PKK harus mampu bersaing dalam menciptakan produk yang kreatif dan bervariasi dengan toko kue atau penjual kue yang lebih modern saat ini. Ibu-ibu PKK harus berfikir untuk dapat membuat suatu makanan yang kreatif, bervariasi, rasa yang enak dan tampilan kemasan yang menarik pembeli. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme ibu-ibu PKK untuk mengembangkan produk pada bidang pengemasan produk kue basah di kecamatan Cinere : kelurahan Cinere dan kelurahan Gandul dan daya dukung ibu-ibu PKK terhadap pemasaran produk kue basah di kecamatan Cinere: kelurahan Cinere  dan kelurahan Gandul. Metode pelaksanaan pada kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dalam bentuk observasi langsung dan workshop. Penjelasan materi disampaikan dalam bentuk presentasi tentang materi pengembangan produk, kelebihan produk kue basah dan pemasaran kue basah. Adapun simpulan dari kegiatan ini yaitu peserta telah memahami bahwa kegiatan pengembangan kemasan produk dapat meningkatkan daya jual produk kue basah khususnya yang dibuat oleh Ibu-ibu PKK serta peserta memahami dengan mempelajari pemasaran produk dan mempraktekkannya diharapkan semakin banyak pembeli sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan taraf hidup secara pribadi serta taraf hidup masyarakat sekitarnya.

Full Text:

PDF

References


Diah Widyatun. (2018). Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di masa depan. Http://Jurnalbidandiah.Blogspot.Com/2012/05/Pembinaan-Kesejahteraan-Keluarga-Pkk-Di.Html.

Ghazzan, F. (2014). Marketing. https://catatanmarketing.wordpress.com/tag/pemasaran-adalah/

Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. caps.

Kotler, P. dan K. L. K. (2007). Manajemen Pemasaran. Jilid 2 (12th ed.). Prenhallindo.

Kotler, P. dan K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh : Bob Sabran.

Miskiyah, N., Mariskha, Z., Pebrianti, Y., Bisnis, J. A., & Sriwijaya, P. N. (2021). Palembang “ Uti ” Home Cake Business Development by Applying Marketing Mix and Business Documents. 2(1), 24–31.

Musriah N dkk. (2022). Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Kue Basah Ibu-Ibu PKK Desa Tiwulandu Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Jurnal Profesional Jurnal Pengabdian Masyarakat (PROJA), 1.

Simamora, H. (2007). Manajemen Pemasaran. Prenhallindo.

Suardi, W. (2005). Formulasi Strategi Pengembangan Produk Terhadap Tingkat penjualan. Jurnal STIE Kesatuan, Bogor, 2.

Widiastuti, C. T., & Widyaswati, R. (2018). Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Camilan Sehat Stik Sea Food bagi Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Mlatibaru Semarang. 2(1), 17–26.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1606

Article Metrics

Abstract Views : 137 | PDF Views : 140

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter