Pelatihan Pembuatan Minyak Goreng Kelapa di Desa Sawang Lebar Bengkulu Utara



Yogi Saputra(1*), Yonita Puspita Sari(2), Zojhi Marten(3), Lina Widawati(4), Rika Dwi Y(5),

(1) Universitas Dehasen Bengkulu
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Mengingat kondisi kelangkaan dan mahalnya minyak goreng sawit beberapa waktu yang lalu, menuntut kita untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan komoditas pertanian yang bisa menjadi alternatif bahan baku pembuatan minyak goreng. Salah satu bahan hasil pertanian yang berpotensi untuk dijadikan bahan baku pemuatan minyak goreng adalah kelapa, dimana kelapa ini banyak ditemukan disekitar masyarakat terutama masyarakat petani. Kondisi masyarakat Desa Sawang Lebar yang bermata pencarian di bidang pertanian khususnya perkebunan kelapa memiliki potensi sangat besar untuk mengembangkan produk olahan berbahan dasar kelapa, salah satunya pembuatan minyak goreng dari santan kelapa. Selain itu, blondo dari proses pembuatan minyak goreng dari santan kelapa tersebut bisa juga dimanfaatkan sebagai cemilan dan sambal blondo


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2021. “Keuntungan Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Memasak”. https://sarimas.com/post/detail/keuntungan-menggunakan-minyak-kelapa-untuk-memasak.

Chairunisa. 2013. Uji Kualitas Minyak Goreng pada Pedagang Gorengan di Sekitar Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Jamilah, N. 2018. Jurnal. Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dengan Menggunakan Cara Tradisional.Vol. 1. No. 3. Medan: Universitas Medan Area.

Karow, S., Suparmo, Hastuti, P. and Utami, T. (2013). Sintesis ester metil rantai medium dari minyak kelapa dengan cara metanolisis kimiawi. Agritech 33(2): 182-188.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Norulaini, N.A.N., Setiano, W.B., Zaidul, I.S.M., Nawi, A.H., and Azizi, C.Y.M.A.K.M.O. (2009). Effects of supercritical carbon dioxide extraction parameters on virgin coconut oil yield and medium-chain triglyceride content. Food Chemistry 116 (1): 193-197.

Palungkun, R. (2001). Aneka Produk Olahan Kelapa. Jakarta: Swadaya.

Pertamasari, S., Hastuti, P., Setiaji, B., dan Hidayat, C. 2015. Functional Properties of Protein Isolates of Blondo (Coconut Presscake) from Side Products of Separation of Virgin Coconut Oil by Various Methods. AGRITECH, 35(4): 442-448

Putri, R. S. dan Ali, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) di Desa Bulo Wattang sebagai Tindakan Preventif untuk Menjaga Kesehatan Masyarakat. Jurnal Panrita Abd. 5 (1): 8-16.

Rindengan, B. dan S.Karouw. 2002. Peluang Pengembangan Minyak Kelapa Murni. Prosiding KNKV, Tembilahan Indragiri Hilir 22-24 Oktober 2002.hal 146-153.

Sucipta, Nyoman, K. Suriasih, dan P.K.D. Kencana. 2017. Pengemasan Pangan. Udayana University Press. Kampus Universitas Udayana. Denpasar

Tungandi, Robert. 2017. Teknologi Sediaan Steril. Jakarta : CV. Sagung Seto.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1531

Article Metrics

Abstract Views : 142 | PDF Views : 196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter