Pembelajaran Multimedia di Era Revolusi Industri 4.0 Pada SMK Yapimda Jakarta Selatan



Heri Satria Setiawan(1*), Ismailah Ismailah(2), Nandang Suwela(3),

(1) Universitas Indraprasta
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan abdimas merupakan salah satu kegiatan dalam tri darma perguruan tinggi yang harus dilakukan oleh para dosen, dalam masa pandemi kegiatan ini dilakukan secara daring. Permasalahan yang dialami oleh SMK Yapimda adalah sulitnya memberi pemahaman dan pendalaman kepada para siswa tentang multi media dan perkembangannya, dan abdimas ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para siswa tentang perkembangan, pemanfaatan peluang yang bisa diambil serta bagaimana  mempersiapkan diri dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Kegiatan ini dapat memotivasi para siswa untuk lebih mendalami multimedia dan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin guna menghadapi revolusi industri 4.0.  Metode kegiatan abdimas ini adalah ceramah dan praktek (learning by doing) aplikasi multimedia. Respon dari para siswa  menyatakan puas dengan kejelasan materi yang diberikan sebesar 88%, yang merasakan manfaat dari kegiatan ini 99% dan 66% merasa kurang dengan waktu yang diberikan. Dengan pembelajaran dan pemberian pelatihan, pihak sekolah yaitu guru maupun siswa SMK Yapimda mendapatkan pengetahuan akan perkembangan multimedia yang terbaru serta mampu menggunakan aplikasi multimedia.

 


Full Text:

PDF

References


Aji, P.S dan Suparman (2013) . Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika. 1(1):1-4

Asmara, Anjar Purba. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Audiovisual Tentang Pembuatan Koloid, Jurnal Ilmiah Didaktika. 1(5): 156-178.

Hanim, F., Sumarni., dan Amirudin., A. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Interaktif Pengindraan Jarak Jauh terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Pendidikan. 1(4):752-757

Munir. (2012). Multimedia konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung : Alfabeta .

Rachmijati, Cynantia. (2018). Penggunaan Internet sebagai Optimalisasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):61-74.

Rosch, D. D. (2012). Inovasi Pendidikan: Pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran online. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Beroriantasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Pranada Media.

Senn Purwanto, S. D. (2008). Digital Masyarakat Multimedia: Animasi, Sound Editing & Video Editing. Yogyakarta: Andi Offset.

Sholahudin.(2013). Strategi Pengembangan Produk di Industri Media Cetak di Indonesia. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis. 7(1):9-17.

Simarmata dkk, J. S. (2022). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Susanti, Ernita.( 2019). Peran Guru Fisika di Era Revolusi Industri 4,0.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i3.1492

Article Metrics

Abstract Views : 107 | PDF Views : 200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter