Sosialisasi Pintar dalam Belanja Online di Marketplace pada RT.12, RW. 14, Kelurahan Tugu
Achmad Sarwandianto(1*), Lusi Ariyani(2), Adhi Susano(3),
(1) UNINDRA
(2) UNINDRA
(3) UNINDRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Marketplace merupakan media online berbasis internet (web based) tempat melakukan kegiatan bisnis dan transaksi antara pembeli dan penjual. Disamping banyak manfaat yang dirasakan, transaksi Marketplace kemungkinannya kecil jika tidak menimbulkan permasalahan. Peran pengabdian kepada masyarakat terkait sosialisasi pintar dalam berbelanja online di Marketplace sangat lah penting dilaksanakan pada masyarakat. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada RT. 12, RW. 14, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Setelah diselusuri warga tersebut sering melakukan transaksi belanja online, Tujuan dari kegiatan ini diharapkan mitra dapat memanfaatkan fasilitas Marketplace dan mampu mengatasi kendala saat melakukan transaksi, metode pelaksanaannya diantaranya melakukan analisis, persiapan kegiatan, metode ceramah dalam menyampaikan materi dan melakukan implementasi setelah pelaksanaan kegiatan. Kesimpulan dari kegiatan tersebut Antusias peserta dalam mengikuti kegiatan begitu besar keingintahuan dalam memahami platform Marketplace . Peserta dapat menggunakan fitur platform Marketplace secara maksimal, Peserta dapat merasa tingkat keamanan dalam transaksi belanja onlinenya lebih terjamin. Beberapa saran untuk menunjang kegiatan pengabdian kepada masyarakat lebih baik : Perlu adanya evaluasi secara intensif kepada peserta oleh tim, menyiapkan balai pertemuan dengan ketentuan protokol kesehatan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersifat luring oleh mitra.
Full Text:
PDFReferences
Ari Dermawan, Amalia, Wiwin Handoko (2022). Pencegahan Tindak Pidana Penipuan Jual Beli Barang Online. Jurnal Bangun Abdimas, 1(1), 13. https://ejurnal.bangunharapanbangsa.com/index.php/abdimas/article/view/5/4
Artaya, I Putu dan Tubagus Purwotusmiadi. 2019. “Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur”. Reitriverd form https://www.researchgate.net/publication/332523654_EFEKTIFITAS_MARKETPLACE_DALAM_MENINGKATKAN_KONSENTRASI_PEMASARAN_DAN_PENJUALAN_PRODUK_BAGI_UMKM_DI_JAWA_TIMUR
Awali, H. (2020) ‘Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19’, BALANCA : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1), pp. 1–14. doi: 10.35905/balanca.v2i1.1342.
Opiida. (2014). Pengertian E-Marketplace . Retrieved from https://tokohalista.wordpress.com (28 Oktober 2019).
Perdamaian, P. D. J., Puspita, A. and Frida, N. (2020) ‘Analisis Strategi Mempertahankan dan Mengembangkan Bisnis di Tengah Pandemi COVID-19 Serta Mengetahui Dampak Perkembangan dan Pertumbuhan COVID-19 di Indonesia’, Jurnal Aktiva : Riset Akuntansi dan Keuangan, 2(2), pp. 84–94. doi: 10.52005/aktiva.v2i3.61
Pramudita, B. A. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Marketplace tokopedia untuk pengembangan usaha dalam meningkatkan perekonomian di tengah dampak pandemi covid-19’, Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1), p. 80. doi: 10.33474/jipemas.v5i1.11694.
Pratomo, A., Najwaini, E., Irawan, A., & Risa, M. (2019). Optimasi E-Commerce Dengan Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ukm Nida Sasirangan. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 1(1), 35. https://doi.org/10.31961/impact.v1i1.615
Suherman, E., & Hasanah, R. U. (2020). Analisis Pelatihan Marketplace bagi
Pelaku Usaha Kue di Masa Pandemik Covid-19 di Desa Jatiragas.
Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 6(1), 98–110.
https://doi.org/10.36805/manajemen.v6i1.1202
Undang – Undang Nomor 19 Tahun 2016. Tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Transaksi Elektronik
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008. tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.
DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1308
Article Metrics
Abstract Views : 205 | PDF Views : 180Refbacks
- There are currently no refbacks.
KAPAS indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis