Penerapan Literasi Digital Dalam Pembelajaran Siswa SMK Ki Hajar Dewantoro



Caka Gatot Priambodo(1*), Heri Satria Setiawan(2),

(1) 
(2) Universitas Indraprasta
(*) Corresponding Author

Abstract


Literasi media dan digital kini mulai dibicarakan di masyarakat dan saling terkait satu sama lain. Literasi media lebih memfokuskan pada penafsiran pesan yang disampaikan melalui media dan cara kita menanggapi pesan tersebut, sedangkan kata digital berfokus pada akses informasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta solusi mengakses informasi dan layanan internet yang mempermudah masyarakat dalam berbagai aktivitas. Penting bagi guru SMK untuk mengetahui bagaimana cara yang baik, aman, terkontrol dan bermanfaat dalam menggunakan aplikasi teknologi informasi berbasis Literasi Digital dalam pembelajaran bagi siswa. SMK Ki Hajar Dewantoro merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan bidang studi keahlian bisnis dan manajemen, teknologi informasi dan komunikasi di kota Tangerang provinsi Banten. Guru-guru SMK Ki Hajar Dewantoro sudah tentu mengajarkan siswa belajar dengan menggunakan perangkat atau aplikasi program komputer maupun teknologi informasi dalam aktivitasnya di  kelas. Untuk menambah atau memperkaya pengetahuan guru-guru di SMK Ki Hajar Dewantoro maka tim pengabdian kepada masyarakat melalui dosen-dosen informatika Universitas Indraprasta PGRI mengadakan sosialisasi pengetahuan tentang Literasi Digital untuk menambah metode pembelajaran guru bagi siswa didik di sekolah. Sosialisasi ini dapat berdampak baik bagi guru dalam metode pembelajarannya yang bisa berdampak baik juga bagi siswa didiknya agar hasil yang ingin dicapai bersama terlaksana dengan optimal.


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Karpati, Andrea. (2011). Digital Literacy in Education. Policy Brief. Moscow: UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Kementrian Komunikasi dan Informatika. (2017). Survey Pengunaan TIK 2017. Jakarta: Kominfo.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, HB. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press.

Siberkreasi.id (2018). Literasi Digital. (https://literasidigital.id/) diakses pada tanggal 29 September 2021.

Irsyad MaulanaYahya. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa SMA Negeri 1 Mayong. (http://lib.unnes.ac.id/33441/1/1102414047_Optimized.pdf) diakses pada tanggal 29 September 2021.

Dyna Herlina S. (2015). Membangun Karakter Bangsa Melalui Literasi Digital. (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dyna-herlina-suwarto-msc/membangun- karakter-bangsa-melalui-literasi-digital.pdf) diakses pada tanggal 29 September 2021

Yukaristia. (2019). Literasi: Solusi Terbaik Untuk Mengatasi Problematika Sosial Di Indonesia. CV Jejak.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1295

Article Metrics

Abstract Views : 163 | PDF Views : 899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter