Pemanfaatan Media Interaktif Sebagai Pendukung Pembelajaran Daring di MTs Esa Nusa Islamic School



Intan Mutia(1*), Wahyu Nur Cholifah(2), Yulianingsih Yulianingsih(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran yang hanya mengutamakan buku sumber dan metode ceramah di ruang kelas saja memberikan kesan bahwa pembelajaran merupakan kegiatan yang kurang menarik dan kurang bermakna. Melihat kenyataan tersebut maka guru dituntut untuk mengembangkan model pembelajaran yang bisa melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, apalagi dalam kondisi tidak dapat bertatap muka dengan siswa. Metode yang digunakan dengan kombinasi presentasi, diskusi dan pelatihan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan keterampilan guru dalam menyebarkan materi ajar yang sudah diolah melalui media interaktif Powerpoint dan grup WhatsApp. Hasil kegiatan berupa meningkatnya kemampuan guru dalam mengolah bahan ajar menggunakan fitur-fitur aplikasi Powerpoint agar lebih menarik dan interaktif serta mudah dimengerti siswa. Kegiatan ini direkomendasikan keberlanjutannya dengan materi-materi yang disesuaikan dengan kebutuhkan mitra dan penggunaan media interaktif lainnya.


Full Text:

PDF

References


Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3284

Dewi, T. R., Andini, N. A., & Rohmah, M. (2019). Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint pada Mata Pelajaran SKI di MI NU Rawa Bening. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 30–33.

Hamid, S., Waycott, J., Kurnia, S., & Chang, S. (2015). Understanding students’ perceptions of the benefits of online social networking use for teaching and learning. The Internet and Higher Education, 26, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2015.02.004

Muthoharoh, M. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 21–32.

Mutia, I. (2016). Penerapan Teknologi Komputasi Awan ( Cloud Computing ) Untuk Pembelajaran Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Factor Exacta, 9(3), 283–292. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v9i3.876

Mutia, I., Irfansyah, P., & Widya, L. P. (2016). Pengaruh Jejaring Sosial Facebook Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Teknik Informatika Di Universitas. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 2(2), 136–141. https://doi.org/10.26418/jp.v2i2.17632

Mutia, I., & Leonard. (2013). Kajian Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta, 6(4), 278–289.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsaap sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan. Jurnal Komunikasi Media Dan Informatika, 6(3), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1287

Article Metrics

Abstract Views : 142 | PDF Views : 200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter