Peningkatan Keterampilan Kelompok Guru dalam Penulisan Rapor Narasi melalui Penyuluhan Bahasa Indonesia



Noor Komari Pratiwi(1*), Randi Ramliyana(2), Yunita Endra Megiati(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan penyuluhan kepada kelompok guru di Yayasan Amanah Fitrah Rabbani, Kota Tangerang mengenai ejaan bahasa Indonesia dan kalimat efektif dalam bahasa Indonesia. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2021/2022. Metode ceramah dipilih untuk menyampaikan konsep-konsep yang penting agar mudah dimengerti dan dikuasai oleh peserta penyuluhan. Penggunaan metode ini dengan pertimbangan bahwa metode ceramah yang dikombinasikan dengan pemberian latihan soal melalui aplikasi quizizz dapat memberikan materi yang relatif banyak secara padat, cepat, dan mudah. Target dari kegiatan ini adalah didapatkan pengetahuan mengenai penggunaan ejaan yang sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan penulisan kalimat efektif yang sesuai dengan kaidah. Dengan pelaksaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diharapkan mitra dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapat untuk menggunakan ejaan yang sesuai dengan PUEBI dan dapat menggunakan kalimat yang efektif dalam setiap proses pembelajaran, baik saat pemberian materi kepada siswa, saat berinteraksi dengan siswa maupun saat penyusunan rapor narasi sebagai bentuk laporan hasil belajar siswa kepada orang tua siswa.


Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Z., & Tasai, S. A. (2012). Bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Pustaka Mandiri.

Chaer, A. (2002). Pembakuan Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Dewantara, I. P. M., Suandi, I. N., Putrayasa, I. B., & Rasna, I. W. (2019). Membangun Sikap Bahasa Positif terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i2.15974

Diani, W. R., & Dewi, L. S. (2021). Pelatihan Penerapan PUEBI untuk Guru dan Pengawas Madrasah di Kabupaten Magelang. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.30651/hm.v2i3.10276

Kalahatu, M. F. (2021). PERSEPSI PESERTA PELATIHAN DASAR TERHADAP PENGGUNAAN QUIZIZZ SEBAGAI METODE EVALUASI PEMBELAJARAN. Akademika, 10(01). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). http://kbbi.kemendikbud.go.id

Leksono, M. L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(2). https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i2.1106

Matanggui, J., & Arifin, E. Z. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Pustaka Mandiri.

P., A. H., & Alek. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Erlangga.

Rukmini, M. (n.d.). Penyuluhan Bahasa Indonesia oleh Balai Bahasa Jabar Mantap. Retrieved September 15, 2022, from http://disdikkbb.org/news/penyuluhan-bahasa-indonesia-oleh-balai-bahasa-jabar-mantap/

Tarigan, R. (2019). Pembinaan Dan Pengembangan Dalam Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar. Journal of Chemical Information and Modeling, 05(01).




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1279

Article Metrics

Abstract Views : 182 | PDF Views : 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter