Pelatihan Penggunaan Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah di SMAN 5 Tangerang Selatan



Dian Novita(1*), Agus Wilson(2), Ari Irawan(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebutuhan publikasi karya tulis ilmiah bagi para guru yang semakin meningkat, minimnya pengetahuan para guru mengenai software dalam membuat kutipan dan daftar pustaka yang baik dan benar merupakan hal yang mendorong tim PKM untuk melakukan pelatihan penggunaan software Mendeley bagi kelompok tenaga pendidik SMAN 5 Tangerang Selatan. Kegiatan PKM ini dilaksanakan pada kelompok tenaga pendidik di SMAN 5 Tangerang Selatan. Mendeley adalah software manajemen referensi yang dapat membantu mengorganisir karya tulis ilmiah yaitu dalam membuat kutipan dan daftar pustaka dalam karya ilmiah. Selain dari pada itu, pengguna software ini juga dapat saling berkolaborasi dalam jaringan sosial. Pelatihan ini bertujuan agar tenaga pendidik dapat memahami dan menerapkan penggunaan software Mendeley dalam menulis kutipan dan daftar pustaka yang baik dan benar dalam sebuah karya tulis ilmiah. Metode pelaksanaan kegiatan ini ialah penyampaian materi mengenai software Mendeley, pendampingan dalam menyiapkan dan melakukan instalasi software Mendeley ke dalam laptop tiap peserta, serta dilanjutkan  mendampingi peserta melakukan praktik penggunaan dan pemanfaatan software Mendeley. Hasil dari kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari pihak sekolah karena dengan adanya pelatihan  software Mendeley dapat membantu mengorganisir artikel ilmiah yaitu dalam membuat kutipan dan daftar pustaka dalam karya ilmiah, selain itu pengguna software ini juga dapat berkolaborasi dalam jaringan sosial.


Full Text:

PDF

References


Arizal, N., Listihana, W. D., & Nofrizal, N. (2018). Mendeley: Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 49–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.49-55

Asep Saeful Rohman, - Prijana, A. Y. (2017). WORKSHOP LITERASI INFORMASI DAN PENULISAN ILMIAH BAGI KALANGAN GURU SMA NEGERI 1 CISARUA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Dharmakarya : Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(4). https://doi.org/10.24198/DHARMAKARYA.V6I4.14831

Baehaqi, B. (2018). Pelatihan Pengembangan Minat dan Potensi Guru Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah Tembelok Kota Mataram Tahun 2018. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(2), 123–130. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i2.585

Fitriyani, P. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Generasi Z. Knappptma, 7(Maret), 307–314. Retrieved from http://www.appptma.org/wp-content/uploads/2019/08/34.-Pendidikan-Karakter-Bagi-Generasi-Z.pdf

Khoirunnisa, F., Sabekti, A., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantuan Manajemen Referensi Mendeley bagi Guru-Guru SMA/Sederajat di Kabupaten Bintan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–13.

Kusworo, K., Hamda, N., Rahayu, P. Y., Gunawan, H. I., & Jaya, F. (2020). Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Bagi Peneliti di Provinsi Banten. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(2), 183 – 193. https://doi.org/10.33753/IJSE.V1I2.12

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156

Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan Penggunaan Mendeley Untuk Referensi Dalam Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.37859/jpumri.v2i2.849

Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200

Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557–566.

Satriadi, A., Wilian, S., & Syuaib, M. Z. (2016). PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA DI SMAN 2 SELONG. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.29303/JIPP.V1I2.16

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(2), 62–76.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1274

Article Metrics

Abstract Views : 167 | PDF Views : 176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter