Pengembangan Keterampilan Para Guru dalam Penyampaian Sains Sederhana untuk Kanak-Kanak



alpi Mahisha nugraha(1*), Nurullaeli Nurullaeli(2), Noni Selvia(3),

(1) Program Studi Teknik Informatika,Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Program Studi Teknik Informatika,Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Program Studi Teknik Informatika,Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Ilmu alam atau sains adalah pengetahuan yang saat ini dipercayai sebagai alat untuk menjelaskan fenomena-fenomena yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Namun dalam penyampaian sains kepada peserta didik seringkali menghadapi kendala terlebih lagi pada siswa di Taman Kanak-Kanak (TK). Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu mitra TK Negeri 6 Kota Bekasi dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh mitra yakni keterbatasan pengetahuan dan pengalaman mengenai sains sederhana untuk kanak-kanak serta kesulitan guru dalam menyampaikan fenomena sains kepada kanak-kanak. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menelaah materi pembelajaran mengenai sains untuk kanak-kanak serta mengadakan pelatihan pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman percobaan sains yang sederhana kepada guru di TK Negeri 6 Kota Bekasi. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari metode pelatihan, pendampingan, dan diskusi yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting.  Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan para guru dalam penjelasan mengenai sains sederhana. Untuk kedepannya agar pemahaman dan ketertarikan siswa TK terhadap sains maksimal perlu adanya pembekalan pengetahuan dan atau stimulus kegiatan yang merangsang ketertarikan siswa secara berangsur-angsur, terutama tema-tema yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Istikomah, Hartono, & Rusilowati, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Discovery Learning Untuk Pemahaman Sains Pada Anak Tk B. Journal of Primary Education, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.15294/jpe.v2i2.3064

Larasati, A., & Yulianti, D. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Sains (Fisika) Tema Alam Semesta Terintegrasi Karakter dan Wawasan Konservasi. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 26–33.

Mustika, Y., & Nurwidaningsih, L. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Anak Usia Dini terhadap Perkembangan Kognitif Anak di TK Kartika Siwi Pusdikpal Kota Cimahi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 94–101.

Safitri, U. P., & Marbun, S. (2019). Pengaruh Kegiatan BermainPasir Berwarna terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Usia DIni, 5(1), 48–57.

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajran, 8(1), 88–99.

Susilowati, N. (2016). Pengenalan Sains Melalui Percobaan Sederhana Pada Anak Kelompok B di KB-RA IT Al-Husna Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(5), 551–560.

Wahid, S. M. J., & Suyanto, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Percobaan Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun di TK-IT Albina Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 55–66.

Yaswinda, Yulsyiofriend, & Mayar, F. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru PAUD Kecematan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Ya Bunayya: Urnal Pendidikan Anak Udia Dini, 2(11), 77–90.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.

Zahro, I. F., Rissa, A. A., & Munggaraning, S. W. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121–130.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1272

Article Metrics

Abstract Views : 119 | PDF Views : 109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter