Pemanfaatan Aplikasi Buku Kas dalam Pengelolaan Keuangan pada Dasawisma RT 10 RW 02 Tj.Barat



Redo Abeputra Sihombing(1*), Fauzan Natsir(2), Ni Ketut Pertiwi Anggraeni(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak aplikasi yang menyediakan kemudahan bagi pelaku usaha untuk meyusun laporan keuangan. Pencatatan secara digital saat ini sudah mulai menggantikan pencatatan secara manual. Kemudahan dan kesederhaan dalam pemakaiannya sangat membantu pelaku usaha untuk menyusun laporan keuangan dan menghindari terjadinya kesalahan pencatatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi pengelolaan keuangan kepada masyarakat. Penerapan aplikasi dalam mengelola keuangan keluarga dianggap masih sangat rumit dan kurang bermanfaat dibandingkan dengan catatan keuangan keluarga bersifat manual. Tidak memahami cara mengelola keuangan menjadi salah satu sumber masalah yang paling besar pada keluarga. Dimana secara umum pendapatan dan pengeluaran di dalam keluarga yang jumlahnya besar saja yang diingat tetapi tidak tercatat. Mengelola keuangan keluarga merupakan hal penting agar pendapatan dan pengeluaran dapat seimbang sesuai dengan yang diinginkan. Dengan adanya aplikasi catatan keuangan Buku Kas harian, di dalam sebuah keluarga diharapkan dapat membantu dalam mengelola keuangan sehingga dapat tercatat secara detail.


Full Text:

PDF

References


Januariyansah, S., Atika, L., Gunawan, S., & Basuki, N. (2021, September). Pembinaan Pembukuan Kelompok Usaha Arang Tempurung Kelapa Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Buku Kas. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat" Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat" (pp. 224-227). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan.

Java, G. E. S. P., Natsir, F., & Tama, B. J. (2021, January). Perancangan Aplikasi Penjualan Ikan Hias Pada Toko Aquascape Di Depok Berbasis Android. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).

Kurniawan, R., Tarantang, J., Akbar, W., Hakim, S., Sukmana, E. T., & Hafizi, R. (2021). Literasi Pemanfaatan Aplikasi Keuangan Digital Bukukas Pada. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa (JPMF), 1(1), 35–52.

Natsir, F., Triyadi, T., & Anggraeni, N. K. P. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Pada UMKM Beladies Laundry Kiloan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 53-62.

Rian, H., & Fuandytama, A. (2019). Pelayanan Jasa Laundry Pada Mamah Laundry and Cleaners Serang. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 5(2), 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.168

Soejono, F., Sunarni, T., Kusmawati, Samuel, S., & Angeliana, W. (2021). Pendampingan Usaha: Pentingnya Laporan Keuangan Dan Penggunaan Aplikasi Bukukas Untuk Laporan Keuangan Usaha. Logista Vol. 4 No.2 Tahun 2020 Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 2013–2015.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Alfabete : Bandung.

Suryandani, W. (2022). Pemanfaatan Pembukuan Digital Menggunakan Aplikasi BukuKas untuk Peningkatan Pengelolaan Manajemen Keuangan pada UMKM Kelurahan Sidowayah, Kabupaten Rembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 96-101.

Wahid, A., Soedarmadji, W., Nuriyanto, Misbah, A., & Ayik, P. (2022). Penyuluhan Penggunaan Buku Kas Digital Dalam Proses Administrasi Umkm Desa Nogosari Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. E-Amal Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(2), 1261–1266.

Wahyudin, I., Natsir, F., & Vandini, I. (2022). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Tahu pada Pabrik Tahu UG Pariangan Berbasis Java. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi dan Manajemen (JATIM), 3(2), 62-72.




DOI: https://doi.org/10.30998/ks.v1i2.1264

Article Metrics

Abstract Views : 261 | PDF Views : 630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter