Pemanfaatan Limbah Kertas dan Kardus Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Rumah



Nurfidah Dwtiyanti(1*), Septian Wulandari(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemanfaatan limbah kertas dan kardus menjadi media pembelajaran matematika di rumah akan dicapai dengan baik jika warga atau orang tua kreatif dengan pengolahan kardus dan kertas menjadi bentuk-bentuk geometri yang memudahkan orang tua dalam mengajarkan anaknya di rumah. Seperti yang diketahui, jam belajar matematika anak di sekolah hanya empat sampai dengan enam jam perminggu. Hal itu membuat pemahaman anak dalam pelajaran matematika menjadi terbatas. Dengan adanya kreatifitas warga atau orang tua di rumah dalam membantu mengajarkan anak dengan membuatkan media yang dibuat dari limbah kertas dan kardus tentunya anak mempunyai kesempatan belajar kembali di rumah dengan matematika yang nyata. Melihat hal tersebut, maka dilakukan penyuluhan dan pelatihan mengenai pemanfaatan limbah kertas dan kardus menjadi media pembelajaran matematika di rumah untuk warga di Perumahan Permata Cimanggis Cluster Mirah. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan abdimas ini, dapat diketahui bahwa peserta menyambut positif kegiatan abdimas ini dan merasa senang karena dapat menambah wawasan serta pengetahuan dalam pemanfaatan limbah kertas dan kardus sebagai media pembelajaran matematika di rumah. Meskipun kegiatan dilakukan secara online, kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan lancar.


Full Text:

PDF

References


Arfah, M. (2017). Pemanfaatan Limbah Kertas Menjadi Kertas Daur Ulang Bernilai Tambah Oleh Mahasiswa. In Buletin Utama Teknik (Vol. 13, Issue 1). Online.

Fatimala, Y. K., Parenrengi, H., & Ambari, S. (2019). Pemanfaatan Limbah Kertas Sebagai Sumber Etanol Menggunakan Enzim Xilase. In Jurnal Farmasi FKIK UINAM (Vol. 2).

Irfan, I., Sulaiman, I., & Werdana, M. O. (2020). Kajian Pemanfaatan Limbah Kertas Percetakan untuk Pembuatan Bokasi. Jurnal Teknologi Dan Industri Pertanian Indonesia, 12(1), 29–35. https://doi.org/10.17969/jtipi.v12i1.16214

Tobroni, M. I., & Gayatri, D. (2018). Pemanfaatan Hasil Limbah Kertas Pada Tugas Mata Kuliah Praktik Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa Dan Desain, 3(2), 175–190.

Wahyudi, J., Prayitno, H. T., Dwi, A., Perencanaan, A. B., Daerah, P., & Pati, K. (2018). The Utilization Of Plastic Waste As Raw Material For Producing Alternative Fuel. In Jurnal Litbang: Vol. XIV (Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1211

Article Metrics

Abstract Views : 239 | PDF Views : 384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter