Pelatihan Pembuatan Rapor Berbasis Microsoft Excel untuk Guru di Pusat Kegiatan Gugus PAUD Cempaka



Alusyanti Primawati(1*), Za’imatun Niswati(2), Dwi Marlina(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Guru sebagai tenaga pendidik dituntut dapat menggunakan teknologi informasi yang dapat membantu pekerjaannya sebagai seorang pendidik yaitu dalam menyelesaikan persoalan administrasi. Kendala yang dihadapi adalah masih kurang familiarnya fitur-fitur yang disediakan Microsoft Excel pada sebagian pengguna, terutama guru Taman kanak-kanak. Hal tersebut dialami oleh guru Taman Kanak-kanak yang tergabung pada PKG (Pusat Kegiatan Gugus) yang belum terbiasa dengan fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel. Beberapa kendala yang sering dijumpai adalah kurang memahami penggunaan fungsi rumus-rumus kondisi, lookup yang merupakan fitur penting dalam membuat rapor. Hal inilah yang melatar belakangi tim pengabdian untuk memberikan pelatihan membuat aplikasi rapor peserta didik dengan Microsoft Excel. Kegiatan bertujuan meningkatkan ketrampilan dan pemahaman peserta terkait penggunaan Microsoft Excel. Metode pelaksanaan yaitu pelatihan secara daring. Hasil pengabdian masayakat yaitu mitra menerima kontribusi yang positif untuk meningkatkan pengetahuan dan skill dalam bidang teknologi informasi dalam upaya memudahkan kelompok pendidik seperti guru dalam membuat aplikasi rapor yang user friendly dengan memanfaatkan fitur dan fungsi dari Microsoft Excel.


Full Text:

PDF

References


Dasilveira, R. (2002). Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya. In Mycological Research (Vol. 106, Issue 11, pp. 1323–1330).

Hasbi, M. dkk. (2020). Pedoman pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan anak usia dini.

Maulida, D., Hamid, A., Ali, M. S., & Koromath, O. (2020). Berbasis Microsoft Excel Kepada Guru Sekolah Dasar Gugus Iv. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pad Masyarakat, 3.

Tim Kemdikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi, 1–129.

Wali, M., & Mukhtar, M. (2020). Pelatihan Microsoft Excel 2013 Dalam Rangka Membentuk Tenaga Pengajar Yang Profesional. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 31–34. http://iocscience.org/ejournal/index.php/abdimas/article/view/680

Wasi’ul Maghfiroh. (2020). Dampak Teknologi Informasi (IT) Terhadap Dunia Pendidikan. Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri, 3, 241–254.




DOI: https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1209

Article Metrics

Abstract Views : 216 | PDF Views : 256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter