Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika



Shinta Dwi Handayani(1*), Ai Solihah(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Memanfaatkan media ajar berupa aplikasi digital dalam pembelajaran matematika sudah sepatutnya diterapkan oleh para guru untuk menunjang pembelajaran dikelas, namun dalam kenyataanya masih sedikit guru yang memanfaatkan media ajar yang sudah berkembang saat ini. Adapun salah satu aplikasi yang dapat membantu guru dalam pengajaran adalah aplikasi PhotoMath dan aplikasi YHomework. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu guru dalam memanfaatkan media ajar berbasisi digital pada pelajaran matematika agar pembelajaran lebih mudah tanpa meninggalkan konsep dasar yang penting. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan di SMP Dua Mei. Metode pelaksanaan dengan ceramah, pelatihan, tanya jawab dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini diantaranya: 1) kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi PhotoMath dan aplikasi Yhomework meningkat, 2) mengembangkan kemampuan guru dalam pembuatan soal-soal hitung,  3) guru dapat memanfaatkan media ajar berbasis digital  dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Oktober, 2016–2113. https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf Kereh, C. T., Asryanty, W. O., & Sapulette, H. (2020). Dalam Pembelajaran Fisika Materi Gerak Lurus. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 7(1), 64–80. Miftahul, A. (2012). Quantum Teaching: Buku Pintar dan Praktis. Yogyakarta : Diva Press. Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal PETIK, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355 Nurainun, D. (2017). YHomework - Math Solver. Physic Education. Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 03(01), 171–187. Suryacitra, G. E., & Oktavia, R. (2018). Pemanfaatan Program Microsoft Mathematics Untuk Meningkatkan Ketelitian Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Perkalian Dua Buah Matriks. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 647–653. Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18. Wisesa, Y. (2014). PhotoMath Bantu Selesaikan Soal Matematika Berbekal Kamera Smartphone. Hybrid.Co.Id. Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder : Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056




DOI: https://doi.org/10.30998/kapas.v1i1.1208

Article Metrics

Abstract Views : 702 | PDF Views : 655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


KAPAS indexed by:



            

 

 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter