PENGARUH RATING DAN TESTIMONI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (MAHASISWA PTS DI JAKARTA TIMUR)



Tony Margiyanto Adi(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Rating dan Testimoni di Pasar Online Terhadap Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di bulan April 2024. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan angket melalui google formulir kepada mahasiswa yang berjumlah 91 sampel dari 917 populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji persamaan regresi berganda yaitu Y = 3,725 + 0,054X1 + 0,630X2. Artinya nilai konstanta a sebesar 3,725 angka ini merupakan angka konstanta yang mempunyai arti jika variabel rating dan testimoni nilainya 0 maka, variabel Keputusan pembelian bernilai 3,725. Nilai koefesien regresi variabel rating bernilai positif yaitu 0,054 dan variabel testimoni bernilai positif sebesar 0,630.

Kata Kunci: Rating, Testimoni, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF PDF

References


Agung, P., & Yuesti, A. (2019). Metode Penelitian Bisnis Kuantitatif dan Kualitatif (I. N. Suardhika (ed.)).

Agustina Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, & Zaki Hammam. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–443.

Aulia, A. S. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Online Vlogger Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Pengguna Shopee di Purwekerto) (Vol. 19). http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/12710%0Ahttp://repository.iainpurwokerto.ac.id/12710/1/SKRIPSI ANGGITA SYAFNI AULIA_1717201055.pdf

Bayu, D. (2022). Laporan Survei Belanja Online 2022. https://dataindonesia.id/ekonomi-digital/detail/laporan-survei-belanja-online-2022

Brama Kumbara, V. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Chandra, A., & Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Customer Rating , Pengiklanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Di Kota Batam. 5(2).

Dwi Jayanti, K., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Price And Consumer Testimonials On Purchasing Decisions For Whitelab Skincare Products On The Shopee Marketplace Pengaruh Harga Dan Testimoni Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Whitelab Pada Marketplace Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7284–7303. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Ekonomi, F., Ilmu, D. A. N., Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. 11771201103.

Ghozali, 2017. (2017). Metoda Penelitian Ghozali 2016. Repository STEI, 31–44.

Ghozali, Imam, & Ratmono. (2018). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10 Edisi 2. Badan Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Gunawan, D. (n.d.). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. PT. Inovasi Pratama Internasional.

Hardani, M. S., & Ustiawaty. (2020). Buku Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (H. Abadi (ed.)). Cv. Pustika Ilmu.

Heeger, A. J., & Alan, G. (2020). CHAPTER 1 n n n. 1–5.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Indra, D., Zahra, H. M., Setiono, S., & Pratama, D. R. P. (2022). Pengaruh E-Rating dan E-Review dengan E-Trust Sebagai Mediasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Lazada di Dago, Bandung). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 6(2), 452. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v6i2.568

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash on Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir Feb Unsrat). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 975. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43393

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Putri Melinda, P. (2020). Pengaruh Harga, Iklan, Lifestyle dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Ceriamart. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta, 16–17.

Safitri, N. A. (2020). Tinjauan Pustaka Tinjauan Pustaka. Convention Center Di Kota Tegal, 938, 6–37.

Silvia, C., & Atnan, N. (2019). Pengaruh Testimonial Review Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 6(1), 1714–1721.

Sugiyono. (2019). Volatilitas Return Saham Di Masa Pandemi Covid-19 : Suatu Analisis Berdasarkan Hari Perdagangan Dan Risiko Sistematis Pada Perusahaan Yang Termasuk Lq-45. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS, 28–37.

Teh Chee Ghee, F. A. G. (2020) . Journal of Geotechnical and Geoenvironmental Engineering ASCE, 120(11), 259.

Vega. (2019). Landasan Keputusan Manajemen. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Wulandari, W. (n.d.). … Testimoni Pembeli Dan Kualitas Barang Terhadap Minat Pembelian Pada Online Shop Melalui Market Place Shopee Siswa Smk …. Journal.Ummat.Ac.Id, X(X), 1–16. https://journal.ummat.ac.id/journals/5/articles/21390/supp/21390-66543-1-


Article Metrics

Abstract Views : 65 | PDF Views : 12 | PDF Views : 11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.